Tenaga Pemantau Siaran KPID Sumbar Ikuti Bimtek di KPI Pusat

Senin, 25 November 2019, 17:42 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Tenaga Pemantau Siaran KPID Sumbar Ikuti Bimtek di KPI Pusat
Wakil Ketua KPID Sumbar, Yumi Ariyati, Andres (Korbid PS2P), Melani Friati (Korbid Isi Siaran) dan para pemantau isi siaran, foto bersama usai pembukaan Bimtek tenaga pemantau di kantor KPI pusat, Senin (25/11/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemantau isi siaran dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat, ikuti bimbingan teknis (Bimtek) tenaga pemantau di kantor KPI pusat di Jakarta. Bimtek ini diharapkan akan meningkatkan kinerja pengawasan isi siaran sekaligus mempelajari penggunaan alat pemantau terbaru yang dimiliki KPID Sumbar.

"KPID Sumbar mendapatkan alat pemantau yang dianggarkan dari Perubahan APBD Sumbar 2019, sehingga Bimtek di kantor KPI Pusat ini cukup diperlukan," kata Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Sumbar, Melani Friati di Jakarta, Senin (25/11/2019) dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dengan adanya alat pemantauan baru ini, ujarnya, akan meningkatkan kinerja dalam pengawasan siaran di daerah terutama konten lokal.

KPID Sumbar mempunyai data rekaman program siaran hingga memiliki alat bukti ketika ada temuan pelanggaran. Selama ini, pemantauan dilakukan secara manual dengan menonton langsung siaran.

Baca juga: Ketua DPRD Sumbar Dialog dengan Komisioner KPID Sumbar Usai Upacara HUT RI ke-79

"Melalui Bimtek ini, ke depan diharapkan kinerja pemantau semakin meningkat, apalagi sudah ada alat penunjang," kata dia.

Sementara, Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo yang menyambut kedatangan KPID Sumbar mengatakan, alat pemantau hanya fasilitas pendukung, tombak pengawasan tetap berada di mata dan telinga tenaga pemantau.

"Tidak ada mesin yang sepenuhnya dapat menggantikan tugas manusia, apalagi dalam konteks pengawasan isi siaran," tegas Mulyo.

"Silahkan menggali ilmu di KPI Pusat sebanyak mungkin, agar terwujud siaran yang bersih dan bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

Kegiatan Bimtek ini juga didampingi Wakil Ketua KPID Sumbar, Yumi Ariyati dan Korbid PS2P Andres. (vry)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: