Bendungan Batang Jalamu Masih Darurat Pascajebol, Ratusan Warga Khawatir

Jumat, 22 November 2019, 17:13 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Bendungan Batang Jalamu Masih Darurat Pascajebol, Ratusan Warga Khawatir
Kapalo Kampung Kapalo Banda Jalamu, Budiantoni, Jumat (22/11/2019) mendampingi peserta peserta pelatihan Jitu Pasna Angkatan III, saat mengunjungi Bendungan Batang Jalamu yang jebol akibat banjir bandang, beberapa waktu lalu. (veby rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Masyarakat berharap, pemerintah melalui pihak terkait segera melakukan perbaikan total terhadap Bendungan Batang Jalamu. Mereka khawatir kalau tidak segera diperbaiki, bendungan darurat ini tidak sanggup menahan arus air seandainya curah hujan kembali tinggi.

"Ada sekitar 402 Kepala Keluarga dan 900 jiwa di Kampuang Kapalo Banda yang terancam seandainya terjadi musibah yang lebih besar. Itu belum termasuk warga Kampuang Ladang, karena lokasi mereka juga berada di pinggir Batang Jalamu," ujar Dodi salah seorang warga Kapalo Banda Jalamu.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Upaya cepat pemerintah untuk segera mengatasi masalah ini mutlak diperlukan. Pantauan di lapangan, kerusakan bendungan juga memiliki dampak resiko jangka panjang. Dengan rusaknya bendungan, arus air dari hulu tidak ada yang menghambat. Ini dapat mempercepat pengikisan/abrasi Abrasi Batang Jalamu. Selain itu juga mengancam pondasi jembatan sepanjang jalur aliran sungai tersebut.

Tim Terbaik

Kunjungan ke Batang Jalamu ini, dalam rangka tinjauan lapangan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) cara Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna), yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat. Pelatihan yang dimulai Rabu (20/11/19) lalu itu, diikuti 40 orang dari berbagai latar belakang dan institusi.

Bimtek yang digelar selama 4 hari itu, terdiri dari petugas BPBD, sekretaris nagari dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat dan perwakilan jurnalis. Pada penutupan Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Angkatan III 2019 itu, BPBD Sumbar menetapkan peserta terbaik dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. (vry)

Tim Terbaik Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Angkatan III yakni:

  • 1. Kabupaten Pasaman
  • 2. Kabupaten Sijunjung
  • 3. BPBD Prov Sumbar
  • 4. Kota Padangpanjang (Disiplin)
  • 5. http://valora.co.id (jurnalis)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: