Rayakan Hari Jadi Pertama: Forum Batajau Seni Siapkan Award untuk Pemerintah, Apa Saja Kategorinya

Sabtu, 16 November 2019, 20:01 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Rayakan Hari Jadi Pertama: Forum Batajau Seni Siapkan Award untuk Pemerintah, Apa Saja...
Penggiat seni dari Forum Batajau Seni Piaman, tengah melakukan rapat persiapan perayaan hari jadinya yang pertama, pada 28 Desember nanti. (istimewa)

VALORAnews - Hari jadi pertama Forum Batajau Seni Piaman, akan ditandai dengan pemberian award pada pemerintah mulai dari tingkat korong dan nagari sampai tingkat provinsi. Award ini diberikan para penggiat seni dan budaya khas Piaman yang masih belum memiliki kantor dan uang kas ini, atas kesadaran adanya peran pemerintah terhadap pembangunan kesenian.

"Tak semua kalangan di pemerintahan yang menunjukkan peran tersebut, meski termasuk kepada lini kerja mereka sebenarnya," ungkap Humas Forum Batajau Seni Piaman, Sanadi, kemarin.

Sanadi masih merahasiakan kategori apa saja yang akan jadi penamaan award tersebut. "Yang jelas, itu bakal jadi kejutan dari kita," katanya.

"Kami tidak bergantung pada itu. Yang jelas kami bergerak mandiri dengan masyarakat yang mendukung dan mencintai kesenian. Namun, award ini diharapkan dapat mengubah pola fikir semua pihak tentang bagaimana seharusnya kesenian diperlakukan, sesuai dengan posisinya dalam adat dan budaya," sebutnya.

Baca juga: Forum Batajau Seni Piaman Buka Bursa Tuan Rumah untuk Iven 2021, Ini Empat Prinsipnya

Pemberian award ini, sebut Sanadi, hanya sebagian dari kejutan yang akan diberikan Forum Batajau Seni Piaman dalam memperingati hari lahirnya yang perdana.

"Tanggal 28 Desember adalah tanggal sangat bersejarah, dimana untuk pertama kalinya kami para seniman tradisi berkumpul dan bergerak bersama, membuat ivent untuk masyarakat di Sungai Saghiak. Nanti, akan ada pertunjukan pastinya dan juga sederet agenda lain yang diharapkan dapat membekas bagi masyarakat yang menyaksikan," sebutnya.

Baru setahun berdiri, Forum Batajau seni Piaman sudah menggarap 5 Festival seni di antaranya Batajau I, Kampuang Bendang Kampung Tari, Sunua Baghayo, Balah Hilia Festival dan terbaru Festival Gasiang Parit Malintang.

Selain menggarap ivent, kelompok yang terdiri dari 21 sanggar seni se-Kabupaten Padangpariaman dan Kota Pariaman ini, juga melaksanakan praktek edukasi lewat ajang Batajau Camp. Sementara, untuk urusan sosial, Forum Batajau Seni Piaman juga sempat viral lewat acara ngamen akbar pengumpulan sumbangan untuk Intan Kasih Kirana, seorang penderita kangker tulang di Bisati, Sungai Sariak.

Baca juga: Kerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman: Seribuan Warga Padati Hari Jadi Sanggar Rangkiang Palito

"Semua yang kami jalani akan kami jadikan sebagai pelajaran untuk bergerak lebih kencang ke depan," sebut Sanadi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: