Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional

Sabtu, 16 November 2019, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional
Ketua Tim PkM IdBM Fakultas Pertanian, Unand, Netti Herawati (jilbab merah) memasukan bunga pada gaotextile saat perkenalan sistem taman vertikal di kampus SMAN 13 Padang, Sabtu (16/11/2019). (mangindo kayo/valoranews)

"Bertanam pohon gaharu, hasil pengembangan yang kita lakukan di Faperta Unand, pohonnya sudah bisa tak tinggi lagi. Dia sudah bisa ditanam dalam konsep bonsai," terang Benni yang dikenal sebagai doktor gaharu itu.

Selama proses pembonsaian pohon gaharu ini, terangnya, berbagai bagian tanaman yang dipangkas, bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Seperti, daun gaharu yang bisa dijadikan bahan baku teh.

"Gaharu yang dibonsai ini, ditanam dalam pot terbuat dari drum bekas. Akar tunggangnya dipotong lebih dulu agar tak cepat tinggi. Kemudian, dilakukan pemangkasan secara terjadwal," urai Benni dalam sharing ilmu yang diikuti siswa, majelis guru serta kepala dan wakil kepala sekolah.

Baca juga: Mahyeldi Jamu Panitia Seminar Nasional Sosial Ekonomi Pertanian

Pohon gaharu yang dibonsai ini, terangnya, sekaligus bisa dijadikan bahan praktek pelajaran biologi.

Bekal ke Perguruan Tinggi

Kepala SMAN 13 Padang, Amriman M dalam sambutannya mengatakan, sekolah yang berlokasi di Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang ini, merupakan kali kedua jadi lokasi PkM IbDM Unand.

"Banyak inovasi baru bidang pertanian yang akan diberikan ilmunya oleh tim dari Faperta Unand pada kita. Semoga, sharing ilmu ini akan bermanfaat bagi sekolah kita yang tengah mengikuti program Adiwiyata Nasional 2019," harap Amriman.

Bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terang dia, pelatihan ini akan jadi tonggak awal untuk mengenal jurusan yang akan diambil, saat akan menempuh jenjang perguruan tinggi nanti.

"Jika merasa mantap dengan pengetahuan yang didapat saat ini, silahkan lanjutkan pendidikannya ke Jurusan Agroteknologi Faperta Unand," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: