Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional

Sabtu, 16 November 2019, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional
Ketua Tim PkM IdBM Fakultas Pertanian, Unand, Netti Herawati (jilbab merah) memasukan bunga pada gaotextile saat perkenalan sistem taman vertikal di kampus SMAN 13 Padang, Sabtu (16/11/2019). (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Iptek berbasis Dosen dan Masyarakat (IbDM) Fakultas Pertanian Unand, mengenalkan teknik taman vertikal (vertikal garden) di SMAN 13 Padang, Sabtu (16/11/2019). Sekolah ini merupakan salah satu utusan Sumbar dalam Program Adiwiyata Nasional 2019.

Tim PkM IbDM Unand ini dipimpin Netti Herawati dengan anggota, Sanna Paija Hasibuan, Elara Resigia, Zulfadly Syarif, Teguh Budi Parsetyo dan Benni Satria. Sedangkan narasumber untuk pengenalan teknik taman vertikal ini, Shalati Febjislami.

Dikatakan Netti Herawati, pengenalan sistem taman vertikal ini ke SMAN 13 Padang, untuk lebih memanfaatkan lahan yang ada secara optimal sekaligus menjadikan lahan mendatar, ditanami tanaman bernilai ekonomis.

"Untuk keindahan dan estetika, kita cukup melakukannya dengan merancang taman vertikal ini," terang Netti pada kegiatan bertajuk Diseminasi agroteknologi dalam mewujudkan lingkungan sehat dan hijau di SMAN 13 Padang.

Baca juga: Mahyeldi Inginkan Pengurus IKA Faperta Unand Libatkan Alumni Seluruh Angkatan

"Sedangkan lahan pekarangan mendatar yang selama ini dijadikan areal penunjang keindahan, selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk ditanami tanaman bernilai ekonomis," tambahnya.

"Teknik ini cocok sekali dengan SMAN 13 Padang yang mengembangkan konsep sekolah agroekonomi," urai Netti.

Disebutkan, jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk taman vertikal ini, tak hanya jenis bunga-bungaan saja. Bisa juga untuk jenis sayuran seperti seledri, capcai, selada dan tanaman sayuran yang tidak tinggi lainnya.

Baca juga: Fakultas Pertanian Unand Diseminasikan Inovasi Baru Menuju Lumbung Pangan Dunia

Untuk lahan pekarangan mendatar, anggota Tim PkM IdBM Faperta Unand lainnya, Benni Satria, menyarankan untuk ditanam pohon gaharu. Tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: