Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional

Sabtu, 16 November 2019, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Pengabdian Faperta Unand Kenalkan Taman Vertikal ke Sekolah Adiwiyata Nasional
Ketua Tim PkM IdBM Fakultas Pertanian, Unand, Netti Herawati (jilbab merah) memasukan bunga pada gaotextile saat perkenalan sistem taman vertikal di kampus SMAN 13 Padang, Sabtu (16/11/2019). (mangindo kayo/valoranews)

Estetika

Narasumber pada IbM PkDM kali ini, Shalati Febjislami menjelaskan, taman vertikal ini dikenalkan pertama kali oleh Patrick Blanc, di Paris, Perancis. Tujuannya untuk menciptakan iklim mikro yang spesifik di sekitarnya.

Manfaat teknik taman vertikal ini diantaranya adalah mengurangi efek tempias hujan, meningkatkan suplai oksigen, menahan panas dari luar dan lainnya.

"Tempat tanamnya terdiri dari bingkai, lapisan PVC (tahan air) dan lapisan holding (penahan) tanaman," ungkapnya.

Untuk media tanam bisa dari bahan organik maupun anorganik. Kriterianya, bisa menopang tanaman secara kokoh, bersifat porous, menyediakan unsur hara, bersifat steril dan sesuai dengan jenis tanaman.

Media tanamnya juga bisa frame karpet (geotextile) yang memiliki bahan serat plastik, ringan serta tak menghambat akar tanaman yang merambat bebas.

"Bobot yang ringan dan kandungan haranya harus jadi perhatian," terangnya.

"Tanaman yang baik untuk taman vertikal ini, ciri-cirinya akar adaptif dan tumbuh menempel secara alami, jenis ground cover dan merambat, toleran sinar matahari, toleran naungan, berdaun indah atau berbunga serta penyerap polutan sebagai nilai tambah," terangnya.

Di antara jenis tanaman kriteria itu yakni sirih gading, pakis bulu, adam hawa, rumput kipas dan monstera (daun tidak satu warna).

Usai pengenalan, tim PkM IbDM Unand menyerahkan sumbangan berupa bantuan karpet geotextile ukuran 3x1,5 m, rangka kayu taman vertikal serta 36 polybag bibit bunga berbagai jenis seperti, Bunga Krokot, Lili Paris, Anglonema Sri Rejeki, Adam Hawa, Sirih Gading dan Miana Daun Ungu. (kyo)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: