Irwan Prayitno Serahkan Bantuan Gempa untuk Solsel

Minggu, 03 Maret 2019, 20:32 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Irwan Prayitno Serahkan Bantuan Gempa untuk Solsel
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyerahkan secara langsung bantuan untuk korban gempa Solok Selatan di Posko Bencana Kantor Camat Sangir Balai Janggo, Ahad sore (3/3/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, memberikan bantuan sebesar Rp300 Juta bagi korban gempa di Solok Selatan. Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno kepada Bupati Solsel, Muzni Zakaria di Posko Bencana Kantor Camat Sangir Balai Janggo, Ahad sore (3/3/2019).

Disamping bantuan dari pemerintah provinsi, Irwan juga menyerahkan secara simbolis bantuan dari BNPB sebesar Rp250 Juta, BNI sebesar Rp50 Juta, Rp125 Juta dari Dinas Ketahanan Pangan dan Rp100 juta dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.

Irwan mengatakan, gempa yang terjadi merupakan gempa khusus di patahan suliti yang ada di Solok Selatan sehingga belum terdata oleh BKMG. Artinya ini tidak termasuk yang diantisipasi dan diprediksi sebelumnya oleh BMKG sebelumnya.

"Kedalaman gempanya juga tidak dalam, di bawah 10 km jaraknya 4 kilometer dari episemtrumnya dan kekuatannya dibawah 3 SR tapi sering terjadi," ungkap Irwan.

Baca juga: Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama

Ia mengatakan, dalam waktu dekat gempat tersebut akan berkurang hingga tidak terjadi lagi gempa susulan. "Menurut BMKG gempa yang ada di solok selatan kedepannya akan berkurang, In Syaa Allah dalam minggu ini tidak ada lagi," imbuhnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak cemas dan bisa beraktivitas seperti bisa, bagi keluarga yang terdampak gempa tidak terlalu perah sudah bisa kembali kerumah. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: