Festival Balah Hilia Sukses, Asril Muchtar: Kolaborasi Seniman dan Pemuda dalam Bingkai Kebudayaan

Minggu, 20 Oktober 2019, 11:45 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Festival Balah Hilia Sukses, Asril Muchtar: Kolaborasi Seniman dan Pemuda dalam Bingkai...
Pemuda Balah Hilia ikut ambil bagian pada Balah Hilia Festival yang digelar di halaman Stikes Nan Tongga Pariaman, Sabtu (20/10/2019) malam. Iven ini digawangi Forum Batajau Seni Piaman bersama Pemuda dan Pemerintahan Nagari Balah Hilia. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Direktur Pascasarjana ISI Padangpanjang, Dr Asril Muchtar menilai, Festival Balah Hilia, Sabtu (19/10/2019) malam, telah berhasil menggetarkan seluruh Piaman untuk turut menciptakan iven berbasis kekayaan tradisi.

"Balah Hilia Festival patut ditiru nagari lain di Padangpariaman dan Kota Pariaman. Iven ini adalah bukti bahwa dengan kekuatan sendiri, sebuah nagari bisa mewujudkan ruang kolaborasi seniman dan pemuda dalam bingkai kebudayaan," katanya.

Selain menjadi wadah bagi kesenian, jelas pengamat budaya Sumbar ini, iven seperti Balah Hilia Festival juga dapat membangkitkan kebersamaan masyarakat.

"Agenda festival ini menarik. Selain pertunjukan seni, juga ada peluncuran logo nagari, milad nagari serta peresmian sanggar-sanggar di tingkat korong. Jadi ini bukan sekadar pentas seni," terangnya.

Baca juga: Forum Batajau Seni Piaman Buka Bursa Tuan Rumah untuk Iven 2021, Ini Empat Prinsipnya

"Ini adalah wujud persatuan dan keseriusan bersama antara pemerintah nagari dan masyarakat untuk melestarikan kesenian," nilainya.

Asril yang asli putra Piaman berharap, nagari-nagari lain dapat turut menggelar iven seperti ini. "Kan kita sudah punya Forum Batajau Seni Piaman yang terbukti selalu sukses ketika dijadikan sebagai partner dalam mengelola iven. Ya, tinggal hubungi mereka, nanti mereka akan kawal sampai iven terwujud," katanya.

Sementara itu, Dr Sahrul N yang juga turut hadir malam itu, mendukung para aparatur pemerintahan nagari untuk merancang berbagai kegiatan positif bernilai budaya, untuk digelar di tiap nagari. "Nagari-nagari harus bangkit dengan kekuatan sendiri. Sponsor bisa dicari, bibit seni lokal bisa disemai," terangnya.

"Ini penting bagi kesadaran budaya bersama di tengah masyarakat. Agar persoalan budaya tak hanya jadi wacana melulu, tetapi benar-benar digerakkan secara nyata," tegasnya.

Baca juga: Kerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman: Seribuan Warga Padati Hari Jadi Sanggar Rangkiang Palito

Di 2020 nanti, ada sembilan nagari di Kecamatan Lubuk Alung bertekad untuk menggelar iven budaya dengan menggandeng Forum Batajau Seni Piaman, sebagaimana yang telah dilaksanakan Nagari Balah Hilia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: