Kabut Asap Makin Pekat, Gunakan Masker: Aplikasi AirVisual Beredar Luas, BPBD: Indeks Kualitas Udaranya Standar Amerika

Rabu, 16 Oktober 2019, 17:12 WIB | News | Kota Padang
Kabut Asap Makin Pekat, Gunakan Masker: Aplikasi AirVisual Beredar Luas, BPBD: Indeks...
Hasil pemantauan ISPU PM 10 di Kota Padang pada Rabu (16/10/2019).

VALORAnews - BPBD Padang imbau warga untuk menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan. Imbauan ini seiring menurunnya kualitas udara di ibu kota provinsi Sumbar ini akibat terpapar kabut asap.

"Parameter PM10 masuk kategori sedang dengan nilai 69. Nilai tersebut naik 12 poin dari hari sebelumnya sebesar 57," ungkap Kalaksa BPBD Padang, Edi Hasyimi menginformasikan hasil pemantauan ISPU pada 15-16 Oktober 2019, pukul 15.00 WIB, Selasa (16/10/2019), dikutip dari akun fb humas Pemko Padang.

Dikatakan Edi, pemantauan kualitas udara, makin mudah dikenali masyarakat seiring dengan tersedianya aplikasi AirVisual yang bisa diunduh melalui smartphone (gawai). "Aplikasi ini menggunakan standar AQI US EPA (Air Quality Indeks United States Environmental Protection Agency) atau Indeks Kualitas Udara standar Amerika," terangnya.

Di Amerika, urai dia, perhitungannya menggunakan data PM2,5 yakni partikulat debu yang berukuran kecil atau sama dengan 2,5 mikrometer yang diambil dari situs AQMS (Air Quality Monitoring System) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga: Ini Tiga Poin Imbauan Disdikbud Agam Terkait Kabut Asap

"Pengambilan data dari situs KLHK ini, dilakukan tanpa pemberitahuan atau seizin KLHK," terangnya.

Sementara, aturan perhitungan Indeks Kualitas Udara Indonesia disebut dengan Indeks Status Pencemaran Udara (ISPU) untuk debu hanya mengatur perhitungan untuk parameter PM10 (partikulat debu berukuran kecil atau sama dengan 10 mikrometer).

"Untuk ISPU PM2,5, saat ini KLHK sedang mengusulkan draft peraturan menterinya sehingga masih belum bisa dijadikan standar acuan di Indonesia saat ini," urainya.

"Informasi resmi dari pemerintah adalah ISPU PM10, dengan data terakhir pada 15 Oktober 2019 pukul 15.00 sebesar 57 dalam kategori sedang."

Baca juga: Kualitas Udara Pekanbaru Membaik, Siswa Tetap Dianjurkan Pakai Masker

"Untuk mengetahui informasi resmi lebih lanjut dapat melalui situs resmi KLHK http://iku.menlhk.go.id/aqms/ atau Facebook atau Instagram DLH Padang. (rls/vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: