Payakumbuh masih Menunggu Kepastian Adipura

Minggu, 23 Agustus 2015, 15:37 WIB | News | Kota Payakumbuh
Payakumbuh masih Menunggu Kepastian Adipura
Sekdako Payakumbuh, Benni Warlis, foto bersama dengan Muspida dan perwira TNI usai pencanangan TNI KB-Kes di Latina, Rabu (19/8/2015). (humas)

VALORAnews - Kota Payakumbuh bersama sejumlah daerah lainnya di Sumatera Barat, masih harus menunggu pengumuman Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, tentang pemenang Piala Adipura 2015. Penghargaan bagi kota terbersih dan berbasis lingkungan hidup itu, merupakan penghargaan paling bergengsi bagi kota dan kabupaten di Indonesia. Selama era reformasi, Payakumbuh sudah tujuh kali memperoleh Adipura itu.

"Kita masih menunggu pengumuman dari pemerintah pusat tentang kota dan kabupaten yang berhak menerima penghargaan Adipura 2015. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang bertanggungjawab terhadap Adipura, masih mempelajarinya," ucap Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Minggu (23/8/2015).

Menurut Riza, berdasarkan laporan Kepala Kantor Lingkungan Hidup Payakumbuh, Syamsurial, daerah-daerah yang sudah dinilai tim pusat, belum memperoleh signal tentang penetapan pemenang Adipura. Semuanya, dikatakan, punya peluang untuk itu.

"Mudah-mudahan Payakumbuh juga termasuk salah satu kota pemenangnya," harap Riza, dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh.

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Laporan Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Syamsurial, seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah mengumumkan pememang Adipura bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional, 6 Juni. Namun, oleh kementerian terkait, tahun ini hanya mengumumkan pemenang sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata.

Pemenang Adipura, dijadwalkan pada peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus baru lalu. Tapi, setelah ditunggu, pemerintah pusat masih menundanya. Informasi terakhir, akan diumumkan Oktober mendatang.

"Mudah-mudahan, jadwal pengumuman pemenang Oktober nanti tidak meleset lagi, dan Payakumbuh sukses meraih Adipura dimaksud," simpul Syamsurizal. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: