Pokir Rahmat Saleh Bantu Sukseskan Program WRSE

Minggu, 08 September 2019, 15:15 WIB | News | Kota Padang
Pokir Rahmat Saleh Bantu Sukseskan Program WRSE
Anggota DPRD Sumbar, Rahmat Saleh (gendong anak), menghadiri penyerahan bantuan barang senilai Rp3 juta untuk kegiatan usaha ekonomi produktif (UEP) bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) 2019, di SD 03 Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Padang, Aha

VALORAnews - Jumlah Kepala Keluarga (KK) Fakir Miskin dalam pre-list Basis Data Terpadu (BDT) Kota Padang 2019 sebanyak 53.969 KK (246.151 jiwa). Berbagai upaya dan terobosan, dilakukan Dinas Sosial Kota Padang untuk mengurangi angka kemiskinan ini.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui program Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) 2019 yang pembiayaannya berasal dari dana pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumatera Barat. Bantuan diberikan dalam bentuk pengadaan barang senilai Rp3 juta untuk kegiatan usaha ekonomi produktif (UEP).

"Pelaksanaan WRSE ini telah disosialisasikan pada April 2019 lalu. Melalui bantuan barang itu, diharapkan peserta program WRSE dapat menambah pendapatan keluarga sekaligus memberdayakan perempuan serta menciptakan wirausaha baru," ungkap Kepala Dinas Sosial Padang, Afriadi ketika menyerahkan dana bantuan Pokir DPRD Provinsi Sumatera Barat di SD 03 Binuang Kampuang Dalam, Kecamatan Pauh, Padang, Ahad (8/9/2019).

Disebutkan, sesuai dengan Permensos No 8 Tahun 2012, WRSE tidak terpisah dari fakir miskin. WRSE merupakan wanita yang jadi tulang punggung keluarga, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya sehingga berhak mendapat bantuan dari dana Pokir DPRD Sumbar. Bantuan tersebut bervariasi, ada etalase, gerobak sorong, lemari pendingin, peralatan dapur, sembako.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

"WRSE yang mendapatkan bantuan, tercatat di BDT yang sudah didata oleh tim pendamping sejak April 2019. Selanjutnya, mereka akan dibina Dinas Koperasi dan UMKM Padang," ujarnya.

Penerima Pokir WRSE ini sebanyak 5.050 untuk Padang. Sampai saat ini baru terlaksana untuk 700 orang. "Masih banyak yang belum menerima," katanya.

Afriadi berharap, tim dari provinsi secepatnya menyalurkan bantuan itu. Diharapkan, September 2019 ini sudah selesai dan tuntas bantuan pokir DRPD Provinsi Sumatera Barat untuk Kota Padang.

Dikesempatan itu, anggota DPRD Sumatera Barat, Rahmat Saleh mengatakan, dialokasikan sebesar Rp15 miliar dari APBD Sumbar untuk program UEP WRSE 2019. Dana sebesar itu akan disalurkan untuk modal usaha dalam bentuk barang.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

"Anggota DPRD Sumbar yang ikut berkontribusi dalam program UEP WRSE tersebut yakni Rahmat Saleh, H Muslim M Yatim, Taufik Hidayat, Apris. Hidayat dan Albert Hendra Lukman," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: