Tabur Bunga di Lanudal Juanda

Senin, 12 Agustus 2019, 15:34 WIB | Kuliner | Nasional
Tabur Bunga di Lanudal Juanda
Prajurit TNI AL menggelar tabur bunga di landasan pacu Bandar Udara Juanda, Senin (12/8/2019), dalam rangka mengenang kembali jasa-jasa para pendahulu yang telah membangun pangkalan Udara Juanda sebagai corong pertahanan di wilayah Jawa Timur. (penpus)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana memimpin acara tradisi mengheningkan cipta dan tabur bunga di landasan pacu Bandar Udara Juanda, Senin (12/8/2019). Tradisi ini dalam rangka mengenang kembali jasa-jasa para pendahulu yang telah membangun pangkalan Udara Juanda sebagai corong pertahanan di wilayah Jawa Timur.

Kegiatan ini digelar bertepatan dengan peringatan hari jadi Lanudal Juanda yang ke-55 pada 2019 ini. Serangkaian kegiatan juga telah digelar sebelumnya, antara lain open base berupa jalan gembira, fun bike dan beberapa demo oleh komunitas otomotif yang tujuannya memberikan kesan lebih dekat dengan masyarakat.

"Momen hari ini diabadikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena untuk mengenang bagaimana beratnya perjuangan para pendahulu untuk membangun pangkalan dan landasan TNI AL atas perintah langsung dari Presiden RI Soekarno dalam rangka pembebasan Irian Barat, sehingga kita mengenang dan mengembalikan Marwah Pangkalan dan landasan pacu Bandara Juanda bagian dari Pangkalan militer TNI-AL (Lanudal Juanda)," ungkap Kolonel Bayu.

Dikatakan, Lanudal Juanda termasuk Landasan Pacu diresmikan Presiden Soekarno pada 1944, untuk kepentingan pesawat TNI AL dalam operasi militer perebutan kembali Irian Barat dan itu jauh sebelum adanya Bandara Juanda. "Jadi, saat itu hanya ada Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda," ungkapnya.

Baca juga: M Taufik Promosi jadi Jenderal Bintang Satu TNI AL

Setelah acara tersebut, Ibu-ibu Jalasenastri cabang 3 Puspenerbal membagikan brosur tentang sejarah Lanudal Juanda di Terminal 1 dan 2 Bandara Internasional Juanda kepada para penumpang yang akan berangkat ataupun yang baru datang.

Tujuan pembagian brosur tersebut untuk menyosialisasikan dan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Pangkalan udara Angkatan Laut (Lanudal) juanda merupakan enclave civil yang artinya Pangkalan Militer yang juga digunakan untuk kepentingan sipil dalam hal ini bandara internasional Juanda

"Sampai detik ini, Bandara Internasional Juanda memang masih menggunakan dan berada di kawasan militer (Lanudal Juanda), kemudian untuk menutup peringatan hari jadi Lanudal Juanda tersebut, pada tanggal 15 Agustus mendatang akan dilaksanakan kegiatan bhakti sosial di sekitar Lingkungan Lanudal Juanda, yaitu dengan memberikan pengobatan mata gratis untuk masyarakat," terangnya. (rls/vry)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: