M Taufik Promosi jadi Jenderal Bintang Satu TNI AL

Jumat, 04 Agustus 2023, 10:09 WIB | News | Nasional
M Taufik Promosi jadi Jenderal Bintang Satu TNI AL
Panglima TNI AL memberikan ucapan selamat pada M Taufik yang mendapat promosi pangkat dari Kolonel ke Laksamana Pertama (Laksma) TNI AL. (humas)

JAKARTA (3/8/2023) - Kolonel Laut (P) Mohamad Taufik M MDS raih kenaikan pangkat jadi Laksamana Pertama (Laksma) TNI AL.

Dengan bintang satu di pundak, merupakan pengakuan atas perannya dalam beberapa misi kritis dan kontribusinya yang luar biasa dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

M Taufik pernah mengemban Pendidikan Spesialisasi Perwira Peperangan Bawah Air (Dikspespa PBA) tahun 2003.

Selain itu, juga pernah mengikuti Kursus Intensive Bahasa Inggris (KIBI) Advanced Level di Pusdiklat Bahasa Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada tahun 2004.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Perjalanan karir M Taufik di TNI sangat mengesankan. Setelah menyelesaikan pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL) dengan prestasi gemilang.

Dia mendapatkan penugasan operasi sebagai perwira pelaut di berbagai Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) sejak tahun 1999 sampai 2016, dengan lingkup operasi di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Seperti, penugasan sebagai Komandan KRI Birang-831 kapal kelas Patroli Cepat 40 (PC-40) pada tahun 2010 dan Komandan KRI Rencong-622 kapal kelas Patrol Ship Killer di jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada Timur pada tahun 2016.

Kemudian, di tahun 2018, mendapat penugasan sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Bangka Belitung (Lanal Babel) di jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta.

Baca juga: PBHI Agam Tetapkan Lokasi Shalat Idul Fitri 1445 H di Halaman Kantor Bupati, Ini Lokasi Cadangan

Prestasi luar biasa M Taufik tidak hanya terbatas pada medan tempur, dirinya juga pernah ditugaskan menjadi Staf Perencanaan Koarmatim sebagai Pabandya Perencanaan Strategis tahun 2012 di Pusat Pengkajian Maritim Seskoal, sebagai Kasi Pengkajian dan Penelitian Kebijakan tahun 2013 serta sebagai Paban Perencanaan di Staf Operasi Koarmada I tahun 2017.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: