Inilah Wakil Rakyat Hasil Pemilu 2019 Berdasarkan Keputusan KPU Padang

Jumat, 09 Agustus 2019, 19:50 WIB | News | Kota Padang
Inilah Wakil Rakyat Hasil Pemilu 2019 Berdasarkan Keputusan KPU Padang
Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra mengawali penandatanganan berita acara penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih hasil pemilu 2019 di Kota Padang, pada pleno terbuka yang digelar, Jumat (9/8/2019) di Padang. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Padang hasil Pemilu 2019, diwarnai listrik padam karena hujan badai yang melanda ibu kota provinsi Sumbar ini, Jumat (8/8/2019) jelang siang.

"Beruntung padamnya listrik pada pleno kita ini hanya dalam hitungan menit, jika saat pemungutan dan penghitungan suara pada 9 April 2019 ataupun saat rekapitulasi hasil penghitungan yang berlangsung sepekan lebih, tentu kita akan sangat direpotkan. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih pada PLN yang telah memastikan pasokan listrik aman terkendali," ungkap Ketua KPU Padang, Riki Eka Putra saat penutupan pleno.

Selain pada PLN, Riki atas nama KPU Padang juga mengucapkan terima kasih pada Pemko Padang, yang dinilai terjun langsung mewujudkan pemilu aman dan damai di ibu kota provinsi Sumbar ini. Begitu juga dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Padang yang aktif mendukung KPU terutama dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Jajaran panitia adhoc (PPK, PPS dan KPPS), juga dinilai Riki telah berkontribusi besar dalam pelaksanaan pemilu yang digelar serentak antara pemilihan presiden dan legislatif itu. Tak lupa, Riki juga mengapresiasi peran relawan demokrasi dan insan pers dalam mendukung pelaksanaan pemilu berjalan sesuai tahapan yang telah diagendakan.

Baca juga: KPU Sumbar Serahkan Surat Pemberitahuan Caleg Terpilih: Indeks Demokrasi Sumbar Kategori Sedang, Gebril: Kinerja DPRD Ikut Berperan

"Di atas semua itu, proses pemilu ini berjalan sukses berkat partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat di Kota Padang," terangnya.

"Partisipasi aktif ini kemudian sudah kita rasakan manfaatnya. Partisipasi pemilih bertambah dua digit. Dari 52 persen (pemilu 2014) jadi 63 persen (Pilwako 2018) hingga kemudian jadi 80 persen (pemilu 2019) ini," urainya.

Usai pleno penetapan ini, terang Riki, hasilnya langsung diserahkan ke Wali Kota Padang, Mahyeldi untuk kemudian diteruskan gubernur Sumbar agar bisa segera diterbitkan surat keputusannya.

"Kita telah diberikan jadwal oleh wali kota untuk menyerahkan Jumat malam ini. Kami tidak ingin berlama-lama dengan kekosongan masa jabatan anggota DPRD sebagaimana terjadi sekarang ini," tegas Riki. (kyo)

Baca juga: KPU Sumbar Tetapkan 65 Caleg Terpilih Tingkat Provinsi Hasil Pemilu 2019

Adapun 45 anggota DPRD Padang yang ditetapkan KPU Kota Padang itu yakni:

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: