Pemko Padang Matangkan Kesiapan Hadapi Penilaian IVA Test Nasional 2019

Jumat, 21 Juni 2019, 14:11 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang Matangkan Kesiapan Hadapi Penilaian IVA Test Nasional 2019
Kabag Humas Setdako Padang, Imral Fauzi ikut hadiri rapat koordinasi jelang penilaian IVA Test tingkat nasional 2019 di di ruang kerja Asisten Pemerintahan Setda Kota Padang, Kamis (20/6/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kota Padang bersiap menghadapi ajang penilaian Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat nasional di 2019. Hal itu berdasarkan keluarnya kota ini sebagai yang terbaik di tingkat kabupaten/kota se-Sumbar dalam capaian pemeriksaan IVA pada kaum ibu dan pasangan usia subur.

Menyikapi itu, Kamis (20/6/2019) sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemko Padang menggelar rapat koordinasi di ruang kerja Asisten Pemerintahan Setda Kota Padang.

Rapat yang dipimpin Sekda Amasrul itu diikuti di antaranya Kepala DP3AP2KB Heryanto Rustam, Plt Kabag Pemerintahan Rachmadeny, Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Kabag Humas Imral Fauzi serta unsur Dinas Kesehatan Kota (DKK), Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Bagian Umum serta pihak terkait lainnya.

Amasrul dalam arahannya mengingatkan semua pihak terkait, melakukan beberapa hal yang mesti disiapkan. Di antaranya berkaitan persiapan penyelenggaraan penilaian, hingga penyediaan sarana-prasarana dan hal teknis pendukung lainnya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Lebih utama lagi koordinasi satu sama lainnya harus berjalan efektif. Karena ini memang adalah tugas kita bersama untuk dapat menyukseskan dan menjadikan Kota Padang meraih yang terbaik dalam penilaian IVA Test tingkat nasional tahun ini," imbuhnya.

Amasrul melanjutkan, meski masih menyisakan beberapa hari lagi menjelang waktu penilaian semuanya harus betul-betul fix sesegera mungkin. Seperti sarana-prasarana yang mendukung penilaian berupa lokasi dan bahan presentasi, baliho serta berbagai hal yang menjadi indikator penilaian.

"Untuk itu, segerakanlah apa yang harus kita laksanakan bagi masing-masing kita. Kita tentu berharap, penilaian IVA Test tingkat nasional yang perdana kita lakukan berjalan dengan baik dan sukses nantinya. Seperti diketahui, penilaian akan dilakukan antara tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2019 mendatang," cetusnya.

Sementara itu, Camat Padang Barat, Eri Sendjaya mengatakan, pihaknya optimistis menyambut penilaian tersebut. Sebagaimana diketahui, lomba IVA Test tersebut bertujuan dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi sampai nasional.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

"Lomba IVA Test ini bukan semata untuk ajang mencari yang terbaik, namun lebih dari itu bagaimana semua masyarakat dapat melaksanakan IVA Test secara berkesinambungan. Sehingga, masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA Test sebagai deteksi dini pencegahan kanker leher rahim itu," jelasnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: