Della Febrian Pembawa Baki Duplikat Bendera HUT RI di Payakumbuh

Senin, 17 Agustus 2015, 15:43 WIB | News | Kota Payakumbuh
Della Febrian Pembawa Baki Duplikat Bendera HUT RI di Payakumbuh
Wako Payakumbuh, Riza Falepi menyerahkan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih kepada Dela Febriani, siswi SMAN 3 Payakumbuh, dalam upacara HUT RI ke-70, Senin (17/8/2015) di Lapangan Kubu Gadang. (humas)

VALORAnews - Walikota Payakumbuh, H Riza Falepi jadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70 di Kota Payakumbuh, Senin (17/8/2015). Upacara yang digelar di Stadion Kubu Gadang di Kelurahan Balai nan Tuo Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur itu, pembawa baki duplikat bendera nasional merah putih Della Febrian dari SMAN 3.

Sebelumnya, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, tepat pukul 10.00 WIB, dengan lantang membacakan teks Proklamasi, diiringi raungan sirene, di depan ribuan pasangan mata peserta upacara. Peringatan HUT Proklamasi ini berlangsung semarak, tertib, khidmat, aman dan lancar.

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota, Letkol (Inf) Heri Sumitro, Senin dinihari pukul 00.00 WIB, memimpin upacara malam renungan suci, memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan dan pejuang di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Payakumbuh, bersama kepala daerah kedua daerah dan anggota Muspida serta pimpinan DPRD dan SKPD serta anggota TNI/Polri.

Selain di Kubu Gadang, upacara peringatan HUT RI di Payakumbuh, juga berlangsung diseluruh sekolah, kantor perbankan dan kecamatan. Suasana hari kemerdekaan di Payakumbuh, cukup meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Sore harinya, Wawako Suwandel Muchtar, tampil sebagai Irup saat penurunan bendera merah putih.

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Anggota Paskibraka yang diasuh Serma Aidal dari Kodim 0306/50 Kota, tampil gagah bersama anggota TNI/Polri dalam menjalankan tugasnya menaikkan dan menurunkan bendera. "Kami korp pelatih bersama PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Payakumbuh bangga dan senang, semua anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik," ucap Aidal, dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh.

Usai upacara, Walikota Riza Falepi secara simbolis menyerahkan Satya Lencana Purnakarya kepada 6 dari 154 PNS terbaik yang telah mengabdi antara 10, 20 dan 30 tahun di jajaran Pemko Payakumbuh. Dari lapangan Kubu Gadang, untuk selanjutnya, Walikota Riza Falepi bersama Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Ketua DPRD Dt. Parmato Alam, dan anggota, berkunjung ke Lapas Kelas II B Payakumbuh, mengikuti acara penyerahan remisi kepada 118 napi dari 237 anak binaan yang mendiami Lapas.

Remisi dilaporkan Kepala Lapas Payakumbuh, R. Sigit Dwi Satrio Wibowo, bervariasi dari 15 hari sampai 5 bulan. "Tercatat dua napi yang bebas dengan pemberian remisi itu. Yaitu, Rudi Roka (remisi 2 bulan) dan Romi Chandra (15 hari)," ungkap Sigit.

Sedangkan, Wakil Walikota Suwandel Muchtar bersama Sekdako Benni Warlis, dan pimpinan SKPD terkait, melakukan anjang sana ke rumah mantan pejuang kemerdekaan, di Kelurahan Payobasuang, Payakumbuh Timur dan Kelurahan Daya Bangun, di Payakumbuh Barat.

Baca juga: BPOM Payakumbuh Sosialisasikan Pro-PN Keamanan Pangan di Bukittinggi, Ini Lokasinya

Malam resepsi HUT RI tahun ini, dipusatkan di Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah, dengan pegelaran musik pop. Dua artis Minang yang sekarang lagi ngetop, Tari KDI dan Yen Rustam ditampilkan Disparpora yang menggawangi malam kesenian itu. Seluruh anggota Paskibraka dan pelatihnya, diundang untuk menikmati malam hiburan yang merupakan pesta rakyat Payakumbuh itu.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: