Kursi DPRD Kabupaten/Kota Naik 60 Persen: PKB Potensi Loloskan 3 Kadernya ke DPRD Sumbar

Kamis, 02 Mei 2019, 18:32 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Kursi DPRD Kabupaten/Kota Naik 60 Persen: PKB Potensi Loloskan 3 Kadernya ke DPRD Sumbar
Sekretaris PKB Sumbar, Firdaus bersama Feby Dt Bangso (Ketua PKB Sumbar). (istimewa)

VALORAnews - Tabulasi perolehan suara yang dilakukan DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar, partai bernomor urut 1 ini potensi mendapatkan 3 kursi untuk level DPRD provinsi Sumbar pada Pemilu 2019 ini. Pada pemilu 2014 lalu, PKB hanya dapat 1 kursi. Naik signifikan sebesar 200 persen.

Ketiga kursi ini diprediksi berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 2 (Padangpariaman dan Pariaman), Dapil Sumbar 4 (Pasaman dan Pasbar) dan Dapil Sumbar 6 (Padangpanjang, Tanahdatar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya).

"Itu hitungan sementara dari tim kami. Tentu, untuk secara resmi kita menunggu penetapan dari KPU secara resmi," ungkap Sekretaris DPW PKB Sumbar, Firdaus, Selasa (2/5/2019).

Menurut Firdaus, sumber data yang digunakannya untuk memperkirakan perolehan kursi ini, merujuk pada hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat kecamatan yang ada di seluruh Sumbar.

Baca juga: Mustika Yana Lirik PKB untuk Pilkada 2024, Sebelumnya Sudah Daftar ke 4 Parpol

"Siapa saja caleg terpilih PKB, tentunya kita mesti menunggu hasi pleno KPU Sumbar lebih dulu," ungkap Firdaus yang diperkirakan jadi salah satu caleg terpilih DPRD provinsi dari Dapil Sumbar II.

Naik 60 Persen di Kabupaten/Kota

Sementara, untuk perolehan kursi di tingkat kabupaten/kota di Sumbar, PKB juga mengalami kenaikan signifikan, mencapai angka 60 persen. Sejumlah kabupaten/kota yang sebelumnya tak ada anggota dewannya, pada Pemilu 2019 ini berhasil meraih kursi.

"Pada pemilu 2004 lalu, perolehan kursi PKB di tingkat kabupaten/kota di Sumbar hanya 19. Pada Pemilu 2019 ini, berdasarkan rekap form DA-1 (hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan-red) yang kita miliki, PKB diperkirakan akan merebut 27 kursi," katanya.

Baca juga: PILKADA 2024: PKB Pessel Digoda Empat Petinggi Parpol

Dijelaskan, 27 kursi tersebut berasal dari Kabupaten Pasaman 4 kursi. Perolehan ini sama dengan sebelumnya. Kabupaten Pasaman Barat meraih 3 kursi, naik satu kursi dari perolehan sebelumnya. Kabupaten Limapuluh Kota memperoleh 3 kursi, sebalumnya hanya 2 kursi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: