Sekda Solsel Minta Penyelenggara UNBK Amanah

Selasa, 23 April 2019, 18:06 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Sekda Solsel Minta Penyelenggara UNBK Amanah
Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi bersama tim monitoring UNBK setempat. (humas)

VALORAnews - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Yulian Efi, meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah sekolah di daerah itu, Selasa (23/4/2019). Dalam tinjauannya itu, Yulian Efi turut memberi semangat pada para siswa sebagai generasi penerus yang akan memajukan daerah ke depannya.

"Kami berharap, anak-anak dapat mengerjakan ujian dengan baik dan hasilnya membanggakan. Mereka generasi penerus kita yang akan memajukan Solsel agar dikenal dan memiliki daya saing. Untuk penyelenggara ujian, diharapkan konsekuen dan amanah menjalankan tugas," katanya.

Selain untuk memberikan semangat, juga supaya dapat melihat langsung pelaksanaan ujian. Termasuk jika ada kekurangan dan kendala. Menurutnya, masalah yang dihadapi harus segera diselesaikan.

Secara umum, pelaksanaan UNBK dan USBN di Solsel pada hari kedua yang ditinjau Sekda bersama Kepala Kemenag H. Syahrul berserta rombongan itu, berjalan aman dan lancar. Artinya belum ada gangguan yang berarti bagi peserta ujian, baik terkait jaringan internet maupun koneksi soal dari pusat.

Baca juga: Ini Ajakan Tengku Zulkarnain di Solok Selatan

Adapun sekolah yang dipantau oleh tim Pemkab Solsel dan tim Kemenag Solsel itu diantaranya MTs Negeri Pakan Rabaa, SMPN 1 Solsel, MTs Negeri Bariang Rao-Rao, MTs Negeri 3 Solsel dan SMPN 5 Solsel.

"Mesti diakui beberapa sekolah masih menumpang pelaksanaan UNBK pada sekolah lain lantaran tidak mencukupi komputer. Setelah kita meninjau proses pelaksanaan UNBK tingkat SMP/ MTs berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal," ujarnya.

Senada, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solsel, Novrizon mengatakan, hingga hari kedua pelaksanaan UNBK di Solsel tidak ada kendala yang berarti dan kekhawatiran jaringan susah serta pemadaman listrik tidak terjadi. Khusus untuk listrik, katanya, pihaknya sudah menyurati PLN serta mempersiapkan genset di lokasi UNBK.

UNBK SMP sederajat di Solsel diikuti 1.998 siswa, sedangkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) pesertanya 945 siswa. Pemkab setempat menargetkan pada 2021 seluruh siswa SMP sederajat sudah melaksanakan UNBK.

Baca juga: 73 Sekolah Selengarakan UNBK di Padang

Dia menyebutkan pada 2019 bagi sekolah yang berpotensi UNBK akan dilengkapi fasilitasnya, sedangkan yang lain akan dimulai penyediaan. "Kami akan berupaya memenuhi fasilitas untuk melaksanakan UNBK sehingga pada 2021 semua sudah bisa melaksanakan," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: