WA, FB dan IG Sulit Diakses Kamis Pagi, Ini Analisis Programer dari Padang

Kamis, 14 Maret 2019, 08:53 WIB | Olahraga | Nasional
WA, FB dan IG Sulit Diakses Kamis Pagi, Ini Analisis Programer dari Padang
Tampilan aplikasi sosial masenger whatsapp versi web yang bermasalah saat diakses Kamis (14/3/2019) pagi.

VALORAnews - Pengguna sosial massengerwhatsapp (WA) di Padang, Dody Ayiefa keluhkan gangguan yang dialaminya sejak Rabu (13/03/2019) malam. Dia tak bisa lagi mengirim sejumlah data pada rekan yang tengah membutuhkan.

"Upload data berupa naskah dan gambar, tak kunjung bisa terkirim. Kalau pesan yang ditulis langsung, masih bisa namun tampak seperti kena virus di layar monitor. Ini terjadi saat menggunakan whatsapp versi web," ungkap Dody melalui pesan whatsapp, Kamis (14/3/2019) pagi.

Tak hanya whatsapp versi web, facebook (Fb) dan Instagram (IG) juga alami masalah serupa sejak Rabu malam itu. Tak bisa mengunggah foto atau membuat status baru di media sosial facebook, merupakan gangguan umum yang dialami warganet. Untuk media sosial Instagram, tak bisa menggunggah gambar baru, membuka halaman profil, hingga tak bisa mengunggah InstaStory yang jadi keluhan.

"Gangguan pada beberapa fungsi di Fb atau IG serta WA ini, saya perkirakan akibat terjadinya malfunction update pada sistem mereka," ungkap programer dari Akatrust Padang, Rahmat Irvan, Kamis pagi.

Baca juga: Bencana Banjir Hantam Sektor Perikanan Sumbar, Ini Paparan Mahyeldi ke Menteri KKP

Kelumpuhan fungsi tersebut, dilaporkan terjadi di seluruh dunia sejak Rabu (13/3/2019) malam. Oleh pengguna twitter, tanda pagar (Tagar) #facebookdown dan #instagramdown jadi trending topic di media sosial yang miliki ciri khas 140 karakter itu.

Rahmat Irvan meragukan, gangguan di Fb, IG dan WA ini akibat distribusi denial of service (DDoS). Ilustrasi sederhana DDoS, melakukan akses bersama-sama dari banyak host ke satu titik, sehingga server tak sanggup melayani akses serentak itu.

"Kalau ini disebabkan DDOS, agak meragukan. Karena, terlalu banyak host yang mesti diserang," nilainya.

Hal senada juga disampaikan programmer dari DimensiTekno Padang, Anton Hilman. "Sepertinya ada persoalan di internal mereka," nilai Anton.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Menurut Anton, penyebab tumbangnya layanan WA, Fb dan IG itu bukan dikarenakan serangan siber. "Belum sejauh itu (akibat serangan siber)," ungkap Anton.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: