Forum Koordinasi DAS Padang Dikukuhkan

Rabu, 23 Januari 2019, 18:18 WIB | News | Kota Padang
Forum Koordinasi DAS Padang Dikukuhkan
Asisten Administrasi Setdako Padang, Didi Aryadi mengukuhkan Forum Koordinasi DAS Padang periode 2019-2023, di ruang Abu Bakar Ja'ar Kantor Balai Kota Padang, Rabu (23/1/2019). (humas)

VALORAnews - Asisten Administrasi Setdako Padang, Didi Aryadi mengukuhkan Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang periode 2019-2023 di ruang Abu Bakar Ja'ar Kantor Balai Kota Padang, Rabu (23/1/2019).

"Saya berharap, melalui Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Kota Padang ini dapat mengatasi banjir yang masih kerap terjadi di ibu kota provinsi Sumbar ini," harap Didi Aryadi.

Selanjutnya, Didi mengatakan, melihat kondisi fisik Kota Padang, pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan hal penting sebagai akibat terjadinya penurunan kualitas lingkungan DAS yang disebabkan oleh pengelolaan sumber daya alam yang tidak ramah lingkungan.

"Pengelolaan DAS harus diselenggarakan melalui perencanaan, pelaksanaan, peran serta, pemberdayaan masyarakat, pendanaan, monitoring dan evaluasi, pembinaan pengawasan serta pendayagunaan sistem informasi pengelolaan DAS," terang Didi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Ajak Danrem 032/Wbr Susuri Jalan Tol Padang-Sicincin dengan Motor Trabas

Dijelaskan, Kota Padang memiliki 5 DAS besar, terdiri dari 23 sungai yang mengakibatkan rawan banjir. Curah hujan besar dari 3.700 mm/tahun yang mengakibatkan punya potensi air besar.

"Kondisi ini apabila terkelola dengan baik dapat mensejahterakan Kota Padang, namun bila tidak terkelola baik dapat menjadi bencana bagi masyarakat Kota Padang," ujar Didi.

Ditambahkan Didi, untuk menghindari terjadinya tumpang tindih pelaksanaan program antar lembaga dan terwujudnya prinsip efiensi dan efektivitas dalam mewujudkan pengelolaan DAS yang baik, perlu adanya keterpaduan kelembagaan pengelolaan DAS dengan peran serta dan pemberdayaan potensi masyarakat.

"Semoga dari FGD ini nantinya didapatkan solusi agar pembangunan DAS terpadu di Kota Padang dapat terwujud," imbuh Didi Aryadi.

Baca juga: Ini Komposisi Kursi DPRD Padang Hasil Pemilu 2024, PKS Catatkan Dua Rekor

Sementara itu, Ketua pelaksana pengukuhan forum koordinasi DAS Kota Padang, Syaiful Bahri menyampaikan, tujuan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS ini adalah untuk mengaktifkan kembali fungsi Forum Koordinasi DAS Kota Padang sebagai penyalur aspirasi masyarakat terkait DAS, memberikan sumbangan pemikiran dalam mengelola DAS, membantu penyelesaian masalah/konflik yang terjadi dalam pengelolaan DAS.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: