Tiga BTS Telepon Seluler Dibangun di Lubuk Ulang Aling

Minggu, 23 Desember 2018, 08:42 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Tiga BTS Telepon Seluler Dibangun di Lubuk Ulang Aling
Kepala Dinas Informasi dan Komunikas Solok Selatan, Syamsurizal. (humas)

VALORAnews - Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Solok Selatan, menyatakan tiga unit tower Base Tranceiver Station (BTS) bantuan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo sudah beroperasi dan mengurangi area blank spot yang banyak terdapat di daerah itu.

"Pada 2018, kami mengusulkan 22 unit bantuan BTS ke Kominfo dan disetujui lima unit tetapi saat survei di dua lokasi ditemukan sinyal, sehingga hanya tiga yang dibangun. Sekarang, sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar," Kepala Dinas Inforkom Solok Selatan, Syamsurizal.

Dia mengatakan, tiga unit bantuan BTS yang di bangun oleh Bakti berada di Dusun Tangah, Lubuak Ulang Aling dan Lubuak Ulang Aling Selatan Kecamatan Sangir Batang Hari.

Radius jangkauan sinyal dari BTS tersebut sekitar tiga kilometer sehingga dikawasan padat penduduk sekarang sudah memiliki sinyal telekomunikasi. Untuk pemeliharaan BTS ini, lima tahun kedepan masih dilakukan oleh Bakti dan bisa diperpanjang satu kali.

Baca juga: Atasi Blank Spot, Agam Usulkan Pembangunan 13 BTS ke Kementrian Kominfo

Setelah itu, semua asetnya akan beralih ke pemerintah daerah dan pemeliharaannya atau kalau dibongkar juga dilakukan Pemda.

Selain BTS, pada 2018 juga ada bantuan penyediaan akses internet uso program Kominfo untuk SMP, SMA, Puskesmas di Solok Selatan. Bantuan program uso ada 12 sekolah yang mendapatkannya dan tiga Puskesmas pada 2018.

Untuk 2019, masih akan mengajukan bantuan BTS ke Kominfo, karena masih banyak titik blank spot di Solok Selatan.

"Usulan bantuan BTS masih kami fokuskan di Kecamatan Sangir Batang Hari, karena di sini paling banyak area blank spot dan provider juga enggan membangun menara di sana," ujarnya.

Baca juga: KEMENTERIAN KOMINFO Bakal Bangun 20 BTS Baru di Pessel

Hal ini, katanya, sesuai dengan target Bakti dimana pada 2020 Indonesia terbebas dari blank spot oleh sebab itu diusulkan lagi bantuan BTS. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: