Manfaatkan Media Massa dan Medsos untuk Promosikan Daerah

Minggu, 23 Desember 2018, 18:33 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Manfaatkan Media Massa dan Medsos untuk Promosikan Daerah
Asisten III Setkab Solok Selatan, Amdani bersama Kabag Humas dan Protokoler, Firdaus Firman dan nara sumber Afrizal Amir saat pelatihan jurnalistik kepada OPD. (humas)

VALORAnews - Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Solok Selatan, Amdani menegaskan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mampu memanfaatkan media masa dan sosial, untuk mempromosikan daerah.

"Sekarang banyak media yang bisa dimanfaatkan seperti media masa dan media sosial untuk mempromosikan daerah serta memberitahukan ke masyarakat kalau pemerintah itu bekerja," ungkap Hamdani saat pelatihan jurnalistik kepada OPD, di Padang Aro, pekan lalu.

Menurutnya, sekarang banyak program pemerintah yang belum terinformasikan kepada masyarakat sehingga banyak pandangan negatif kepada pemerintah. Informasi tersebar dengan cepat tetapi belum tentu semuanya benar sehingga OPD harus bisa meluruskan bila tidak sesuai kenyataan.

Kepala Bagian Humas Solok Selatan, Firdaus Firman mengatakan, setiap OPD bisa menunjuk satu orang untuk memberikan informasi kepublik.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

"Kami mendorong OPD untuk memanfaatkan media masa maupun sosial untuk menginformasikan pada masyarakat terkait kinerja pemerintah," katanya.

Selain itu, katanya, kalau OPD bersangkutan tidak bisa membuatkan beritanya bisa berkoordinasi dengan Humas agar dibuatkan.

"Sekarang banyak informasi yang tidak sesuai fakta beredar di media sosial terkait kinerja pemerintah dan OPD terkait harus bisa memberikan penjelasan supaya stigma negatif tidak berkembang luas," katanya.

Selain itu, OPD juga bisa memanfaatkan foto untuk menggambarkan kinerja pemerintah. Foto bisa menceritakan banyak hal, sehingga harus dimanfaatkan sebaiknya.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Salah seorang narasumber, Afrizal Amir mengatakan, OPD bisa memberikan press rilis kepada wartawan terkait pencapaian pemerintah. Untuk kriteria pemberitaan, katanya, yang penting mengandung informasi dan bersifat penting serta menarik.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: