Ini Dampak Hujan Lebat yang Melanda Jalinsum di Padangpariaman

Senin, 10 Desember 2018, 22:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ini Dampak Hujan Lebat yang Melanda Jalinsum di Padangpariaman
Warga Korong Pasa Usang, Nagari Kayutanam, Kecamatan 2x11 Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, memasang kayu penghalang jelang jembatan yang ambruk akibat diterjang air bah, Senin (10/12/2018) sore. (istimewa)

VALORAnews - Satu unit jembatan di Korong Pasa Usang, Nagari Kayutanam, Kecamatan 2x11 Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, ambruk diterjang air bah, Senin (10/12/2018) sore. Hal ini mengakibatkan harus lalu lintas jalan utama Padang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan jenis apapun.

"Jembatan ini ambruk sekitar pukul 18.30 WIB. Hal ini diakibatkan air sungai yang meluap akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Senin siang," ungkap Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman

Berselang beberapa waktu kemudian, sekitar pukul 19.00 WIB, juga terjadi longsor di Bukit Tambun Tulang, Malibou Anai, Nagari Guguak, Kecamatan Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, yang mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah dan pohon kayu jatuh ke jalan raya Padang-Bukittinggi. Akibatnya, arus lalu lintas terganggu karena tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Kemudian, sekitar pukul 19.15 WIB, juga terjadi tanah longsor di dekat Pondok Pergedel yang mengakibatkan tertimbunnya sebagian badan jalan. Juga terdapat pohon kayu tumbang ke jalan raya sehingga mengakibatkan harus jalan raya hanya bisa dilewati satu kendatan roda empat.

Baca juga: Jembatan di Dusun Mapaddegat Ambruk Dihondoh Banjir

"Belum ada korban jiwa akibat kejadian ini," terangnya.

Selain itu, curah hujan yang tinggi, juga menyebabkan debit air yang mengalir di Air Terjun Lembah Anai 'meledak.' Debit air yang terjun tampak berwarna coklat hingga meluber melompati badan jalan lintas Sumatera yang melewati kawasan itu.

Mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, warga setempat memasang penghalang jalan dari bambu. Beberapa batang bambu tampak diletakan warga membelah jalan, agar pengendara tak terkecoh karena kawasan itu cukup gelap di malam hari. (vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: