Dua Keltan di Payakumbuh Berebut Tempat Terbaik di Tingkat Nasional

Rabu, 05 Agustus 2015, 09:18 WIB | News | Kota Payakumbuh
Dua Keltan di Payakumbuh Berebut Tempat Terbaik di Tingkat Nasional
Asisten II Setdako, Benni Warlis menyemai bibit cabai di areal olahan Kelompok Tani (Keltan) Cahaya Baru Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina). (humas)

VALORAnews - Kelompok Tani Bakuang Jaya di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kota Payakumbuh, keluar sebagai juara lomba Intensifikasi Tanaman Pangan (ITP) Tingkat Sumatera Barat 2015.

Sesuai keputusan kepala Dinas Pertanian Sumatera Barat No 521.2/4422/Kds/2015, tentang penetapan juara lomba ITP, untuk selanjutnya Bakuang Jaya berhak mewakili Sumbar ke lomba yang sama tingkat nasional.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunanan dan Kehutanan (Distabunhut), Zulinda Kamal mengatakan, dalam pekan ini, tim pusat akan melakukan penilaian atau klarifikasi ke Keltan Bakuang Jaya.

"Jika sukses, pengurus Keltan akan diundang ke Istana Negara Jakarta, guna menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-70, bersama Presiden Joko Widodo," ungkap Zulinda di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Selasa (4/8/2015) .

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Sementara, dalam lomba Tanaman Hortikultura Komoditas Sayuran (THKS), Kelompok Tani Tanah Tambago, Kelurahan Taratak Padang Kampuang, Payakumbuh Utara, juga sudah lebih dulu ditetapkan sebagai juara provinsi. Keltan Tanah Tambago ini, juga akan ikut lomba tingkat nasional.

Menurut Linda Kamal didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Afrimars dan Sekretaris Syahril, dua gelar juara yang diraih ditingkat provinsi ini, mudah-mudahan akan meningkatkan gairah seluruh kelompoktani dalam meningkatkan produksi pertanian, untuk menjamin ketahanan pangan nasional.

Menurut Linda, dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh, pihaknya terus mendorong Keltan, agar melakukan intensifikasi pertanian, selain memanfaatkan seluruh lahan tidur,agar menjadi lahan produktif. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: