Pemko Padang Siap Tingkatkan Kemitraan Dukung BPJS Kesehatan

Sabtu, 24 November 2018, 08:15 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang Siap Tingkatkan Kemitraan Dukung BPJS Kesehatan
Sekda Padang, Asnel memimpin rapat Forum Kemitraan Kota Padang Semester 2 Tahun 2018 yang dilangsungkan di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Jumat (23/11/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang, membutuhkan dukungan dari stakeholder lainnya terutama dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Sebagai pemegang peran penting dalam program JKN-KIS, setidaknya pemko memiliki beberapa peran. Di antaranya dalam memperluas cakupan kepesertaan JKN-KIS dengan mengintegrasikan Jamkesda ke dalam Program JKN agar tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di daerah. Kemudian, meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kepatuhan serta lainnya.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Forum Kemitraan Kota Padang Semester 2 Tahun 2018 yang dilangsungkan di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Jumat (23/11/2018).

Pertemuan yang dipimpin Sekda Padang, Asnel ini diikuti perwakilan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Dinas Sosial Kota Padang, BPKA, BKPSDM, Bappeda, RSUD Rasidin, RSI Ibnu Sina, RS Siti Hawa, RST Reksodiwiryo, RSU C BMC, PWRI, Persi, ASKLIN, RS Ropanasuri dan lainnya.

Baca juga: Relawan Millenial MAU Panaskan Mesin, Audy: Salam Hormat, Terimakasih Telah Mendukung

Asnel menyambut positif atas dilaksanakannya forum kemitraan tersebut, sebagai monitoring evaluasi terkait kendala dan komitmen oleh masing-masing pemangku kepentingan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kota Padang.

"Mari kita jadikan forum kemitraan semester dua di tahun ini sebagai sarana komunikasi yang cukup efektif oleh seluruh para pemangku kepentingan guna memiliki pemahaman yang sama dalam memaksimalkan peran serta masing-masing pihak," terangnya.

"Baik dalam peningkatan cakupan kepesertaan serta memberikan pemahaman peserta melalui sosialisasi maupun langkah-langkah inovasi guna terus meningkatan kualitas mutu pelayanan sebagai wujud dukungan terhadap program JKN-KIS. Adapun kendala-kendala yang terjadi, dicarikan solusi terbaik yang dapat dilakukan," tambahnya sembari mengajak masing-masing OPD terkait di lingkup Pemko Padang untuk mendukung penuh program JKN-KIS itu.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Asyraf Mursalina mengatakan, forum kemitraan ini sangat penting dalam rangka saling memberikan masukan dan advokasi mencakup hal-hal strategis sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kinerja BPJS Kesehatan Cabang Padang ke depan.

Baca juga: SHU KPN Pemko Padang Gelar RAT Naik 16,7 Persen

Forum Kemitraan tersebut memiliki beberapa tujuan, diantaranya menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman serta kemitraan atas ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam kepesertaan dan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Di samping itu menampung dan memecahkan masalah yang ada dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan, termasuk kepesertaan dan pelayanan kesehatan serta upaya pemecahannya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: