Ratusan Relawan WCD Bersihkan Objek Wisata Wonorejo

Sabtu, 15 September 2018, 21:40 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Ratusan Relawan WCD Bersihkan Objek Wisata Wonorejo
Relawan peduli lingkungan saat pelaksanaan World Cleanup Day yang dipusatkan di Wonorejo, Sabtu (15/9/2018).

VALORAnews - Ratusan relawan yang tergabung dalam komunitas pecinta alam, peduli lingkungan, organisasi kepemudaan, komunitas fotograpi, mahasiswa dan pelajar di Solok Selatan ikuti 'Word Cleanup Day (WCD)' atau hari bersih sampah sedunia, Sabtu (15/9/2018). Kegiatan yang dipusatkan di Korong Wonorejo, Sungai Lambai itu, dimulai dari pukul 07.00 WIB.

Kegiatan WCD ini, digelar serentak di 150 negara, 34 provinsi se-Indonesia dengan melibatkan 130.000 relawan.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Zigo Rolanda yang hadir saat kegiatan mengatakan, kebersihan akan sampah merupakan hal yang paling utama ditengah-tengah masyarakat. Karena, kebersihan merupakan cikal dari hidup sehat.

"Saat ini, sampah menjadi masalah besar bagi bumi ini. Terutama, didaerah perkotaan yang setiap harinya menghasilkan puluhan ton sampah yang harus dibersihkan," katanya.

Baca juga: Tujuh Fraksi DPRD Solok Selatan Setujui Perubahan APBD 2021

Menurutnya, sampah yang paling sulit terurai saat ini merupakan sampah plastik. Butuh waktu ratusan tahun untuk mengurai sampah plastik ini.

"Maka dari itu, mulai dari sekarang batasi penggunaan plastik. Agar sampah plastik tidak menjadi masalah untuk kita bersama," jelasnya.

Leader WCD Wonorejo, Nada mengatakan, pada aksi bersih-bersih ini melibatkan seribuan relawan di Solok Selatan. Tidak hanya berpusat di Wonorejo saja, kegiatan serupa juga berlangsung hampir di setiap nagari.

"Di Wonorejo sendiri, selain membersihkan kampung tersebut, relawan juga turut membersihkan beberapa destinasi wisata air terjun yang ada di sekitar," katanya.

Baca juga: Zigo Rolanda Ingatkan Masyarakat jangan Termakan Hoaks

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solok Selatan, Yolni Hendra menjelaskan, pada moment WCD dibeberapa destinasi wisata kelopok sadar wisata juga turut mengelar bersih-bersih.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: