Tahap Verifikasi di Solsel Tuntas: Rehab 798 Unit Rumah Warga Berpenghasilan Rendah Dibantu Kemen PUPR

Selasa, 04 September 2018, 11:16 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Tahap Verifikasi di Solsel Tuntas: Rehab 798 Unit Rumah Warga Berpenghasilan Rendah...
Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKP dan LH) Solsel, Erlangga. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 798 unit bantuan perumahan bakal disalurkan pemerintah pusat, bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tahun ini. Bantuan itu diharapkan menyasar masyarakat penerima yang tepat dan Walinagari diminta tidak curang dalam mengusulkan data penerima.

"Walinagari memegang peranan penting dalam tepat atau tidak tepat sasarannya bantuan ini. Sebab, data penerima yang diverifikasi berasal data yang diusulkan masing-masing walinagari untuk wilayah penyaluran," kata Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKP dan LH) Solsel, Erlangga.

Selain walinagari, lanjutnya, juga ada tim teknis dari provinsi selaku perpanjangan tangan dari kementerian sebagai fasilitator. Baik Walinagari atau pun fasilitator tersebut katanya, diharapkan tidak berkongkalingkong dan diminta selektif dalam mengusulkan penerima yang layak. Bukan untuk keluarga atau orang terdekat.

"Ketentuan layak dan tidak layak dinilai oleh fasilitator ini. Sementara, data penerima diusulkan walinagari. Antara fasilitator dan walinagari jika bermain dalam hal ini, maka sudah bisa dipastikan bantuannya tidak akan tepat sasaran," jelasnya.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan Buku Tabungan BSPS pada Korban Gempa Pasbar

Semestinya, tambah Erlangga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagai sumber bantuan, juga menerjunkan pendamping tim teknis yang dipercaya dari pusat. Artinya, kata Erlangga, yang berhak memutuskan layak atau tidaknya penerima itu, berada ditangan kementrian, tidak berhenti pada hasil penilaian fasilitator saja.

Sementara itu, Kepala DPKP dan LH, Amril Bakri menyebutkan, syarat untuk dapat bantuan sudah disosialisasikan. Prosesnya sendiri, kata dia, sudah merampungkan tahap verifikasi dan tinggal dilaksanakan penyaluran bantuan.

"Saat ini, fasilitator sedang dalam pengurusan Surat Keputusan (SK) penetapan penerimanya. Setelah itu, baru bantuan disalurkan dan pihak kementerian bakal mengirimkan Pagu bantuannya ke rekening yang sudah disepakati. Kemungkinan September ini sudah rampung," katanya.

Solsel, sambungnya, tahun ini mendapat jatah bantuan perumahan sebanyak 798 unit. Rinciannya, terdiri dari peningkatan kualitas rumah sebanyak 728 unit dan 70 unit pembuatan rumah baru.

Baca juga: Penerima BSPS Solsel 2019 Berkurang

"Dari 728 unit peningkatan kualitas, sebanyak 135 unit merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari dana Bantuan Pinjaman Luar Negeri (NAHP). Sisanya dari kementrian PUPR," ujarnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: