Tahap Verifikasi di Solsel Tuntas: Rehab 798 Unit Rumah Warga Berpenghasilan Rendah Dibantu Kemen PUPR

Selasa, 04 September 2018, 11:16 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Tahap Verifikasi di Solsel Tuntas: Rehab 798 Unit Rumah Warga Berpenghasilan Rendah...
Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKP dan LH) Solsel, Erlangga. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Bantuan tersebut, tambah Amril, diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Diutamakan, calon penerima adalah warga yang sudah memiliki swadaya atau telah memiliki bahan bangunan, namun tak bisa melanjutkan pembangunan rumah lantaran berpenghasilan rendah.

"Intinya, bantuan ini bukan bantuan untuk warga miskin yang tidak memiliki persiapan sama sekali. Sebab, bantuan BSPS ini berupa material bangunan dan sia-sia jika disalurkan kepada masyarakat miskin yang semula tidak memiliki persiapan apa-apa," jelasnya.

Dijelaskan, masyarakat harus punya kemampuan untuk bangun sendiri dan di atas lahan sendiri. Oleh karena itu, katanya, sasaran MBR adalah yang sudah ada persiapan atau telah memiliki dasar membangun.

Baca juga: Solsel Usulkan 1300 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

Agar ketika bantuan disalurkan, bisa langsung digunakan. Dasar yang dimaksud, terangnya, seperti telah ada bahan bangunan, upah tukang, pondasi rumah atau lainnya, namun masih terbengkalai sehingga perlu dibantu melalui BSPS.

"Artinya, mereka hanya perlu melanjutkan pekerjaan sehingga bantuan tidak terbengkalai. Kalau diberikan pada masyarakat miskin atau yang tidak memiliki dasar maka bahan bangunan yang diberikan akan mubazir dan hanya bertumpuk tanpa realisasi pengerjaan," ujarnya. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: