Pemko Bangun Los Senilai Rp1,6 M di Pasar Ibuah Timur

Rabu, 29 Juli 2015, 17:42 WIB | Olahraga | Kota Payakumbuh
Pemko Bangun Los Senilai Rp1,6 M di Pasar Ibuah Timur
Sejumlah pekerja, tampak menyelesaikan kios dan los di Pasar Ibuah Timur, Rabu (29/7/2015) yang dipacu pembangunannya. Saat ini, dalam kondisi 40 persen rampung. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pasar Ibuah Blok Timur, terus dibenahi Pemko Payakumbuh. Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, melalui dana alokasi khusus (DAK) atau APBN senilai Rp1,6 miliar, plus dana pendamping APBD Rp160 juta, melakukan revitalisasi kios dan los tahap lima untuk 76 pedagang.

"Pekerjaan kegiatan ini telah dilakukan dalam bulan Ramadhan baru lalu. Hingga sekarang, sudah mendekati 40 persen," ungkap Kepala Dinas Koperasi UMKM Industri Perdagangan, Dahler, didampingi Agus Rubiono (Kabid Pengelola Pasar) di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, beberapa saat lalu.

Dikatakan, revitalisasi kios dan los itu dilakukan, karena kondisi bangunan lama yang sudah tua dan tak layak ditempati pedagang. Peruntukkan bangunan itu, tetap diberikan kepada pedagang sebelumnya. Selain membangun fisik, berupa 12 unit kios serta 64 petak los, sesuai peraturan berlaku, prasarana berdagang buat pedagang UMKM ini, juga dilengkapi dengan prasarana umum, berupa mushalla, MCK dan ruang kesehatan.

Revitalisasi bangunan ini, kata Dahler dalam siaran pers pemko Payakumbuh, bakal mempercantik pasar tradisional Pasar Ibuah Payakumbuh, yang sudah menyandang predikat pasar sehat. Kios dan los yang tengah dibangun itu, umumnya ditempati pedagang ikan kering dan cabai serta pedagang pupuk dan obat-obatan pertanian, selain pedagang bahan keperluan dapur lainnya.

Baca juga: Pilkada Kota Payakumbuh Diikuti 5 Paslon, Terbanyak se-Indonesia

"Bangunan los yang akan ditempati 64 pedagang, akan dilengkapi dengan rolling door, sehingga nyaman untuk ditempati. Selama ini, bangunan los tersebut tidak dilengkapi pintu," tambah Agus Rubiono.

Sementara bangunan itu dikerjakan, ke-76 pedagang yang selama ini berjualan pada bangunan lama itu, dialihkan ke kios darurat di areal perparkiran Pasar Ibuah Timur. "Sesuai jadwal, mudah-mudahan bangunan dimaksud rampung hingga tiga bulan ke depan," simpul Dahler. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: