Ini Saran Founder Trustco untuk jadi Pengusaha

Senin, 30 Juli 2018, 21:43 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Ini Saran Founder Trustco untuk jadi Pengusaha
Muslim M Yatim menggelar Talkshow Motivasi Usaha, di Padang, Senin (30/7/2018). Talkshow ini menghadirkan founder talkshow, BS Wibowo. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Ambil kalkulator, tuliskan gaji yang didapat selama sebulan. Kemudian, dibagi dengan jumlah hari kerja (22 hari). Lalu dibagi dengan 8 jam waktu kerja per hari.

"Berapapun angka yang dihasilkan, itu lah nilai take home pay kita, jika jadi pekerja per jamnya. Hasilnya jarang yang besar, hanya puluhan ribu saja," ungkap Founder Trustco, BS Wibowo dalam Talkshow Motivasi Usaha yang diinisiasi H Muslim M Yatim, di Padang, Senin (30/7/2018).

Dikatakan Wibowo, ada 4 cara untuk menghasilkan pendapatan yang telah dirumuskan berbagai pakar. Yakni jadi pekerja, tenaga profesional, pemilik bisnis dan investor.

"Islam mengajarkan, sembilan dari 10 pintu rezki itu adalah berdagang sebagaimana diriwayatkan dalam hadist H.R Ahmad. Itu artinya kita harus jadi salah satu pemilik bisnis," terang memerlukan modal yang tidak sedikit. Kemudian juga harus memiliki kecakapan tertentu pula.

Baca juga: Audy Joinaldy Tantang Mahasiswa 3 Perguruan Tinggi di Batam jadi Penyedia Lapangan Kerja

"Salah satu cara mudah jadi pemilik bisnis adalah ikut bergabung di bidang bisnis multi level marketing. Sebelum bergabung, teliti dulu
Apakah memiliki sistem yang telah teruji," saran Wibowo dalam talkshow yang disponsori PT HNI HPAI, perusahaan halal network internasional yang memproduksi obat-obatan herbal (herb product), health food & baverage, cosmetic and home care serta product lifestyle.

Ditegaskan Wibowo, sukses dalam berbisnis itu karena sistem yang dimiliki. Jarang yang kebetulan. "Mukjizat yang diturunkan Allah, hanya untuk nabi saja. Tak bisa digunakan oleh umat manusia lainnya. Makanya, manusia wajib hukumnya berusaha. Nabi Muhammad SAW profesinya juga pedagang," terangnya.

Agar sukses jadi pedagang, terang dia, diperlukan impia . Albert Einstein mengatakan, imajinasi (impian) itu lebih penting dari ilmu pengetahuan.

"Impian akan menggiring kita ke gerbang kesuksesan. Agar cept sukses, tuliskan impiannya dan fokus lah untuk mewujudkannya. Jika fokus, maka setiap menit dari waktu yang kita miliki akan jadi efektif," ungkap Wibowo yang memilih pensiun dini jadi PNS untuk merintis karir jadi pengusaha.

Baca juga: Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Sepi Peminat, Baru Pemprov Sumut yang Daftar ke Kemendagri

Sementara, Muslim M Yatim menegaskan, merintis usaha itu perlu dengan hati yang tulus dan ikhlas. Hanya sedikit menggunakan akal. "Bekerja dengan hati itu, akan mendatangkan hasil yang dahsyat," terang Muslim M Yatim yang juga komisaris utama PT HNI HPAI.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: