BMKG Pantau Hilal 1 Syawal di Lantai 5 Gedung Kebudayaan

Kamis, 14 Juni 2018, 01:00 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Stasiun Geofisika Klas I BMKG Padangpanjang, Rahmat Triyono mengatakan, akan melakukan pengamatan hilal pada Kamis (14/6/2018) sore. Lokasi pengamatan di Lantai V Gedung Kebudayaan Sumbar. Pengamatan ini sebagai penentu awal bulan Syawal 1439 H.

"BMKG akan melakukan pengamatan (rukyatul) hilal saat matahari terbenam serentak di 23 lokasi di seluruh Indonesia, salah satunya adalah kota Padang, Sumatera Barat," ungkap Rahmat dalam siaran pers yang diterima, Rabu (13/6/2018).

Pengamatan Hilal di Padang, terangnya, merupakan kerjasama antara BMKG Padangpanjang dan Kantor Kementrian Agama Wilayah Sumatera Barat dan melibatkan berbagai Unsur Keagamaan dan Ormas Keagamaan.

"Pengamatan ini akan ditayangkan secara live streaming melalui http://media.bmkg.go.id/hilal/ dan akan menjadi rujukan pada saat sidang Itsbat yang dilaksanakan di Kementerian Agama yang dipimpin oleh Bapak Menteri Agama RI," ungkap Rahmat.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Goncang Mentawai, Ini Analisis Kapus Gempabumi dan Tsunami BMKG

Dijelaskan, Stasiun Geofisika Padang Panjang sebagai salah satu UPT BMKG telah melakukan pengamatan hilal setiap menjelang bulan baru Hijriah. Sebagai institusi pemerintah berdasarkan amanat UU No. 31 Tahun 2009 tentang Meterologi, Klimatologi dan Geofisika memiliki tugas dan fungsi yang salah satu tupoksinya adalah memberkan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah.

Berdasarkan Hasil Hisab yang dilakukan oleh BMKG, ungkap Rahmat, Waktu Konjungsi (Ijtima'), terjadi pada hari Kamis Tanggal 14 Juni 2018 pukul 02:43 WIB tepat pada posisi 82,740. Sedangkan waktu terbenamnya matahari pada tanggal 14 Juni 2018 terjadi paling awal di Merauke Papua yakni jam 17:28 WIT dan paling akhir terjadi di Sabang Aceh pada pukul 18:53 WIB.

Dengan memperhatikan waktu konjungsi dan matahari terbenam, dapat dikatakan konjungsi terjadi sebelum waktu matahari terbenam pada tanggal 14 Juni 2018 , maka bagi yang menerapkan rukyat dalam penentuan awal bulan Syawal 1438 H otomatis pelaksanaan rukyatul hilalnya dilaksanakan setelah matahri terbenam tanggal 14 Juni 2018.

"Untuk Ketinggian hilal pada saat matahari sebagai Penentu awal Bulan Syawal 1439 H terbenam berkisar antara 6,81di Jayapura sampai dengan 8,36di Tua Pejat, Kep. Mentawai Sumbar," terangnya.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Sedangkan di Sumatera Barat, matahari terbenam paling awal pada pukul 18:16 WIB di daerah Sungai dareh dan Padang Aro, sedangkan terakhir pukul 18:25 WIB di Simpang Ampek.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: