Pemkab Solsel Gelar Pasar Murah di 8 Lokasi

Selasa, 05 Juni 2018, 08:06 WIB | Olahraga | Kab. Solok Selatan
Pemkab Solsel Gelar Pasar Murah di 8 Lokasi
Seorang pedagang ayam tengah membersihkan ayam yang akan dijual subsidi oleh Pemkab Solok Selatan. (humas)

VALORAnews - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga subsidi jelang hari raya Idul Fitri. Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, menggelar pasar murah di delapan titik yang tersebar di kabupaten itu, Senin (4/6/2018).

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Solok Selatan, Yuherdi mengatakan, setiap barang yang dijual di pasar murah sudah disubsidi pemerintah dan hari ini di depan kantor Bupati dan Pauh Duo masyarakatpun sangat antusias berbelanja.

Menurutnya, Pemkab Solok Selatan menyediakan ayam ras, telor dan daging sapi untuk dijual di pasar murah. Untuk telor ayam ras saat ini harga di pasaran Rp42 per tray dan di pasar murah dijual Rp35 ribu per tray.

Sedangkan ayam ras dipasar Rp45 ribu dijual Rp40 ribu perekor serta daging sapi dari harga normal Rp115-120 ribu dijual Rp100 perkilogramnya.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

Untuk ayam ras, pihaknya membawa langsung pedagangnya agar tidak kesulitan saat membersihkannya sedangkan telor dilakukan kerjasama dengan pemillik kandang.

"Setiap orang hanya boleh membeli maksimal dua kilogram ayam, dua kilo daging dan dua lapik telur untuk mencegah dijual kembali," katanya.

Tujuan pasar murah, katanya, untuk membantu masyarakat dalam menyambut lebaran sehingga yang membeli dibatasi maksimal dua kilogram supaya yang membeli betul-betul masyarakat bukannya pedagang.

Dengan susbsidi yang diberikan cukup tinggi, bisa dimanfaatkan pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi sehingga pembelian dibatasi.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Osmaini mengatakan, pihaknya menyediakan 1.428 paket yang berisikan minyak goreng dua liter, gula pasir satu kilogram, tepung terigu satu kilo serta sirup dan susu kaleng untuk dijual di pasar murah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: