IP-NA Unjuk Kemesraan di Pulau Cingkuak

Kamis, 23 Juli 2015, 20:38 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
IP-NA Unjuk Kemesraan di Pulau Cingkuak
IP-NA Unjuk Kemesraan di Pulau Cingkuak
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja ke Pessel, sepanjang Kamis (23/7/2015). Mulai dari kegiatan resmi hingga keluarga, dilaksanakan Irwan yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Bupati Pessel dua periode, Nasrul Abit dalam pemilihan serentak 2015 tingkat provinsi, 9 Desember 2015.

Dari laman facebook Irwan Prayitno, dilansir rangkaian kegiatan itu. Di antaranya, berdiskusi dengan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Kadis PU, Kepala Bappeda dan Kadis Pariwisata tentang pengembangan destinasi pariwisata Kawasan Terpadu Bahari Mandeh Nasional.

"Insya Allah, dengan dana Rp50 miliar dibangun jalan alternatif ke Mandeh dari Sungai Pisang Padang, tahun depan didanai Rp 200 miliar. Juga jalan penghubung di kawasan Mandeh ke Carocok Tarusan. Selain itu sudah dimasukkan anggaran untuk Destinasi Mandeh dari dana APBN," ungkap Irwan Prayitno.

Kemudian, Irwan bersama istri dan anggota kelurganya yang lain, berziarah kubur ke makam mertua di Salido Painan. "Semoga Allah mengampuninya, menyayanginya, mengasihinya, memaafkannya, dan memasukkannya ke dalam surga Jannatun Na'im. Aamiin."

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Selain itu, Irwan juga berkunjung ke Pulau Cingkuak yang akan njadi destinasi yang menarik. Tetapi, saat ini masih memiliki keterbatasan sarana-prasarana dan juga pelayanan. "Pendidikan terhadap masyarakat menjadi penting dalam menyukseskan pariwisata," tuturnya.

Selain itu, Irwan bersama Nasrul Abit, berdiskusi ringan tentang pengembangan destinasi Wisata Pulau Cingkuak. Direncanakan akan dibangun jalan pedesterian di sekeliling pulau. Berkesempatan pula melihat kuburan istri Panglima Perang Portugis yang meninggal pada 1511.

"Saat ini, masyarakat tidak hanya berkunjung ke Bukittinggi tapi juga ke Painan. Alhamdulillah, masyarakat setempat meningkat penghasilannya, sebelumnya hanya sebagai nelayan," tutur Irwan.

Selama di Pulau Cingkuak, Irwan juga menaiki tower di pulau tersebut, melihat pemandangan sekitar kawasan wisata pantai Carocok Painan. Terdapat 11 pulau di kawasan itu dan sekitarnya. "Keindahan alam dapat dilihat dari ketinggian. Pulau Cingkuak, dalam sehari lebih 20 ribu orang yang mengunjungi selama liburan lebaran. Jika liburan biasa Sabtu Minggu sekitar 10 ribuan pengunjung," tuturnya. (kyo)

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: