Arif Budiman Lantik Lima Anggota KPU Sumbar

Kamis, 24 Mei 2018, 15:33 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Arif Budiman Lantik Lima Anggota KPU Sumbar
Lima orang anggota KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani, Amnasmen, Iswaryani, Gebril Daulay dan Nova Indra foto bersama dengan sejumlah kolega dan komisioner KPU kabupaten/kota di Sumbar usai pelantikan yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (24/5/2018).
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Lima orang komisioner KPU Sumbar, dilantik KPU RI bersamaan dengan pelantikan 81 komisioner lainnya dari 15 provinsi di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (24/5/2018). Kedelapan puluh enam anggota KPU provinsi ini adalah hasil rekrutmen anggota KPU gelombang I.

Ketua KPU RI, Arief Budiman berpesan, para penyelenggara yang baru dilantik bekerja penuh semangat dan selalu memberikan yang terbaik ke masyarakat. Dia juga mengingatkan tantangan sebagai penyelenggara di lima tahun kedepan, tidaklah mudah.

Namun, dia berpesan, hal itu jangan menyurutkan semangat anggota KPU selama bekerja dengan cerdas dan selalu mengedepankan koordinasi. "Setiap kita dituntut untuk punya inovasi. Bukan biasa saja, tapi luar biasa. Ingat, setiap apa yang dikerjakan akan jadi sejarah, apakah mampu melakukan yang terbaik atau biasa saja," ujar Arief.

Acara diawali dengan pembacaan surat keputusan KPU, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah, pembacaan Pakta Integritas dan sambutan dari Arief Budiman.

Baca juga: Foto Ketua KPU RI Dijadikan Meme Memilih Kotak Kosong di Pilkada Dharmasraya 2024, Ini Arahan KPU Sumbar

Arief mengingatkan, tanggung jawab jabatan sebagai penyelenggara sangat besar karena di tangan penyelenggara lah kepercayaan masyarakat ditentukan. Masyarakat akan percaya pada proses pemilu selama penyelenggara bekerja amanah, percaya pada hasil pemilu selama proses berjalan benar dan percaya pada pemimpin yang terpilih selama hasilnya transparan dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Kalau hasilnya dipercaya masyarakat, In Syaa Allah siapapun yang terpilih dilembaga eksekutif maupun legislatif bekerja untuk masyarakat," tutur Arief.

Pelantikan ini berdasarkan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bagian Kedua Kedudukan, Struktur dan Keanggotaan Pasal 10 ayat (1) Huruf b dimana KPU Provinsi sebanyak 5 (lima) atau 7 (tujuh) orang serta ayat (2) tentang Penetapan anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b didasari pada kriteria jumlah penduduk, luas wilayah, dan jumlah wilayah administratif pemerintahan.

Keputusan KPU RI Nomor 371/PP.06-Kpt/05/KPU/V/2018, tanggal 21 Mei 2018 tentang Penetapan Anggota Komisi Pemilihan UmumProvinsi Periode 2018-2023.

Baca juga: Pencetakan Surat Suara Pilkada Serentak 2024 Dijadwalkan Selesai Pertengahan Oktober

Adapun 86 anggota KPU Provinsi yang dilantik pada hari ini berasal dari Provinsi Sumatera Barat (5 orang), Provinsi Kepulauan Riau (5 orang), Provinsi Jambi (5 orang), Provinsi Bangka Belitung (5 orang), Provinsi Bengkulu (5 orang), Provinsi Banten (7 orang) dan Provinsi DKI Jakarta (7 orang).

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024