Jasa Penukaran Uang Pinggir Jalan Riba: BI Sumbar Sediakan 3,8 T Uang Pecahan Kecil Sambut Idul Fitri

Rabu, 23 Mei 2018, 14:29 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Jasa Penukaran Uang Pinggir Jalan Riba: BI Sumbar Sediakan 3,8 T Uang Pecahan Kecil...
Tumpukan uang pecahan kecil di Bank Indonesia yang disiapkan untuk menyambut kebutuhan lebaran Idul Fitri 1439 H. (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Endi Dwi Tjahjono mengimbau masyarakat Ranah Minang, untuk tidak menukarkan uang pada calo yang banyak terdapat di pinggir jalan. Aktivitas penukaran uang pinggir jalan ini, biasanya marak jelang hari raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Kebiasaan masyarakat memberi anak-anak pergi 'manambang' dengan uang baru, menyebabkan tiap tahun BI harus menyediakan uang pecahan kecil.

Menurut Endi, penukaran uang di pinggir jalan memiliki resiko. "Selain riba, juga berisiko adanya terdapat uang palsu serta jumlahnya yang tidak sesuai. Guna menghindari resiko tersebut, masyarakat saya imbau agar menukarkan uangnya ke bank," papar Endi, Senin (21/5/2018) ketika membuka secara resmi layanan penukaran uang oleh BI di Padang.

Untuk itu, terangnya, Bank Indonesia bekerjasama dengan beberapa bank membuka layanan penukaran uang mulai 21 Mei hingga 7 Juni di pelataran parkir BI, Jl Sudirman.

Baca juga: Ini Tiga Nasehat Khatib Shalat Idul Fitri di Halaman Rumah Dinas Gubernur Sumut

"Untuk tahun ini, kantor perwakilan BI Sumbar menyediakan uang sekitar Rp3,8 triliun atau meningkat 11 persen dari tahun lalu," terangnya.

Peningkatan tersebut dikarenakan terjadinya peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, libur lebaran tahun ini juga lebih panjang dari libur lebaran sebelumnya yaitu 10 hari. "Jumlah sebanyak itu kita yakin lebih dari cukup, untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat," tambahnya.

Selain di Padang, kegiatan serupa juga diadakan di beberapa daerah. Pada 2 Juni diadakan di Kota Pariaman dan Bukittinggi serta 9 Juni di Kota Solok dan Payakumbuh, pukul 08.30-13.00 WIB menggunakan mobil kas keliling.

Endi juga menyampaikan keberhasilan BI dalam mengendalikan inflasi di Sumbar. Pada 2017, tingkat inflasi di Sumbar mencapai 0,4 persen. Tahun-tahun sebelumnya, tingkat inflasi di Sumbar selalu di atas satu persen.

Baca juga: Ribuan Warga Ikuti Shalat Idul Fitri di Mapolda Riau, Khatib: Nilai Kemuliaan Diikuti Iman dan Takwa

Selama Ramadhan, BI akan melakukan lima kali pasar murah. Empat kali bekerjasama dengan pemerintah serta sekali nanti akan mengambil tempat di halaman parkir BI.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: