Fakultas Teknik Unand Mesti Bersiap Sambut Revolusi Industri 4.0

Senin, 14 Mei 2018, 22:25 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Fakultas Teknik Unand Mesti Bersiap Sambut Revolusi Industri 4.0
Peringatan Dies Natalis ke-33 Fakultas Teknik Unand yang dipusatkan di Convention Hall, Senin (14/5/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dekan Fakultas Teknik Unand, Insannul Kamil mengharapkan, Rektor Unand mendukung penyempurnaan gedung Kampus Fakultas Teknik. Dua gedung yang masih terbengkalai saat ini yakni gedung jurusan Teknik Industri dan Teknik Lingkungan. Rektor diharapkannya, memprioritaskan pembangunan gedung ini masuk dalam rencana pengembangan fasilitas dan infrastruktur Unand di 2018 dan 2019.

Selain itu, Nanuk, demikian Insannul Kamil karib disapa, mengharapkan program studi Sistem Informasi (SI) yang telah dibuka sejak 2010 di Fakultas Teknik, jadi cikal bakal berdirinya fakultas Teknologi Informasi di Universitas Andalas, seiring diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 25 Tahun 2012 tentang OTK Unand.

Hal itu diungkapkan Nanuk, dalam orasi peringatan Dies Natalis ke-33 Fakultas Teknik Unand yang dipusatkan di Convention Hall. Dalam dies kali ini, dihadiri Rektor Unand, Prof Tafdil Husni bersama pimpinan universitas serta para Dekan Fakultas di lingkungan Unand serta civitas dan akademika Fakultas Teknik lainnya.

"Program studi Sistem Informasi di Fakultas Teknik dan Sistem Komputer di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) diharapkan bergabung jadi satu dengan nama Fakultas Teknologi Informasi untuk kedepannya," urai Nanuk.

Baca juga: Kongres VI IKA Unand Digelar Hybrid, Mahyeldi: Sukses Aplikasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

Di usia ke-33 ini, Fakultas Teknik memiliki mahasiswa tingkat sarjana (S1) sebanyak 2.691, mahasiswa magister (S2) sebanyak 170 dan mahasiswa doktoral (S3) sebanyak 19 orang. Diusai ke-33 tahun yang sudah tak muda lagi ini, perjalanan aktivitas akademik juga terus menunjukan trend positif.

Dengan pindah kampus dari Air Tawar, terangnya, lima program studi yang ada di Fakultas Teknik, telah melaksanakan proses aktivitas administrasi dan belajar mengajar di kampus baru Limau Manis.

Teknologi Generasi 4.0

Dikatakan Nanuk, perkembangan global sekarang, adanya tekanan ekonomi digital yang semakin kuat dan arus revolusi industri generasi keempat yang sedang mengambil perannya saat ini, Indonesia harus memperlihatkan "jati dirinya" sebagai sebuah bangsa yang besar dengan kemampuan teknologi dan inovasi yang andal.

Baca juga: Gubernur Sumbar Harapkan Kongres VI IKA Unand Momentum Perkuat Kedjajaan Bangsa

"Fakultas Teknik Universitas Andalas sudah harus mulai menggeser fokus penelitian kepada riset-riset yang mampu menghasilkan teknologi dan inovasi yang dapat memberikan efek terhadap pembangunan bangsa dan negara serta pertumbuhan dunia," ujar dia.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: