Padang jadi Bagian 100 Smart City Tahap II

Rabu, 09 Mei 2018, 00:16 WIB | News | Kota Padang
Padang jadi Bagian 100 Smart City Tahap II
Pjs Wako Padang, Alwis menandatangani nota kesepahaman dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika tentang Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua di Jakarta, Selasa (8/5/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemko Padang jadi salah satu dari 50 kabupaten/kota dari berbagai daerah di Indonesia yang menandatangani nota kesepahaman mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Pjs Walikota Padang, Alwis didampingi Kepala Dinas Kominfo, Suardi, Kabag Humas, Imral Fauzi dan tiga orang anggota DPRD Padang, Muharlion, Faisal Nasir dan Gustin Pramona di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Dikesempatan itu, Alwis menjelaskan, ruang lingkup Nota Kesepahaman Pemko Padang dan Kementerian Kominfo meliputi bimbingan teknis penyusunan Masterplan Smart City Padang; pertukaran data, dan legal software menggunakan free and open source software (FOSS); sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Gerakan Menuju 100 Smart City; Integrasi data antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Teknologi kita gunakan untuk memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama pelayanan kepada masyarakat," ungkap Alwis.

Baca juga: Agam Raih Penghargaan Kategori Spesial ISNA 2024

"Untuk itu, kita akan terus melahirkan inovasi-inovasi dengan didukung regulasi dalam menciptakan Smart City di Kota Padang," tambahnya lagi.

Dijelaskan Suardi, saat ini di seluruh OPD Pemko Padang sudah terpasang jaringan fiber optik. Untuk 2019, akan tersambung ke tingkat kelurahan.

Selain itu, sebanyak 22 aplikasi sudah diintegrasikan dalam penyelenggaraan pemerintah. Dengan didukung 121 orang SDM IT yang terus diberi pelatihan untuk peningkatan kapasitas.

Anggota DPRD Padang, Muharlion, mendukung Kota Padang menerapkan program Smart City, dengan harapan bisa mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

Baca juga: Indosat Business Siap Wujudkan Konsep Smart City Sumatera Barat

"Kita ingin Pemko Padang menyiapkan road map smart city, untuk perencanaan pembangunan kedepan," tutur Muharlion.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: