Alumni MAN 1 Solsel Support Penuh Perkembangan Sekolah

Sabtu, 28 April 2018, 23:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Alumni MAN 1 Solsel Support Penuh Perkembangan Sekolah
Kepala MAN 1 Solsel, Amri J bersama Ketua Komite Bakti Siagawan dengan guru dan siswa kelas XII, tengah acara perpisahan, pekan lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Selatan (Solsel), punya cara tersendiri dalam menggenjot pembangunan di sekolahnya. Di tengah kesulitan dana pembangunan yang dialami dan diperoleh sejumlah sekolah, MAN 1 Solsel justru masih mampu bersolek dengan bantuan alumni.

"Sejauh ini, alumni MAN 1 Solsel memang turut andil dalam membantu pembangunan sekolah ini. Alumni dari sekolah ini memiliki peran masing-masing dalam membantu, mulai dari turut membina para siswa hingga ikut membangun pencitraan sekaligus mempercantik keberadaan sekolah," kata Kepala Sekolah MAN 1 Solsel, Amri J.

Salah satu dukungan nyata yang berasal dari alumni ini, lanjut Amri, adalah keberadaan gerbang sekolah agama tersebut. Sebelum adanya gerbang sekolah, kata Amri, MAN 1 Solsel sendiri hampir tidak diketahui banyak orang tentang keberadaan sekolah yang berdiri di Bariang Rao-Rao, Sungai Pagu itu.

"Gerbang ini merupakan buah tangan alumni kami, keberadaannya kian memperjelas institusi pendidikan ini di sini. Sekolah mendapat dukungan dana melalui rasa memiliki dan rasa kepedulian para alumni untuk kemajuan sekolah ini," akunya.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Kepedulian para alumni jelasnya telah dirasakan semenjak dibentuknya kelompok Alumni pada ulang tahun MAN 1 Solsel ke-35, pada 17 September 2017 lalu. Selain dukungan, alumni juga turut mengkritik dan memberi saran membangun untuk kemajuan pendidikan sekolah.

"Adapun dukungan dana yang terkumpul dari alumni khusus pembangunan gapura sekolah sebesar Rp8 juta. Saat ini pembangunannyanya belum sempurna karena kebutuhan dananya mencapai Rp15 juta. Saat ini kami pihak sekolah masih mengupayakan termasuk termasuk alumni," katanya didampingi Ketua alumni MAN 1 Solsel, Romi Yilhas.

Tidak hanya dukungan finansial, para alumni itu juga ikut melakukan pembinaan pada lulusan MAN 1 Solsel tentang langkah untuk dapat melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi. Bahkan alumni ini kata Amri, telah memprogramkan sebuah kegiatan pembinaan secara rutin pada para pelajar.

Ditambahkan Amri, upaya menggenjot pembangunan sekolah saat ini, MAN 1 Solsel juga telah mendapat bantuan pembangunan baru ruang ruang komputer (CTD) dari Kementerian Agama RI, dengan pagu dana lebih kurang Rp 190 juta.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

"Alhamdulillah saat ini, bangunan itu sudah siap, dan tinggal menunggu PHO dari pihak Kementerian Agama Provinsi dan Solsel," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: