Solsel Luncurkan Gernas Baku

Rabu, 25 April 2018, 20:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
Solsel Luncurkan Gernas Baku
Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi bersama Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Zulkarnaini dan majelis guru dan murid TK/PAUD, foto bersama usai pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (25/4/2018
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Guna meningkatkan peran penting orang tua terhadap anak khususnya menumbuhkan minat baca pada anak sejah usia dini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok Selatan mencanangkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) di Aula Sarantau Sasurambi, Rabu (25/4/2018).

Acara yang juga diikuti dengan lomba senam anak TK dan PAUD ini dihadiri Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Ketua IGTK, serta Kepala OPD.

Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Zulkarnaini menyebutkan, dengan dicanangkannya Gernas Baku diharapkan dapat meningkatkan kedekatan orang tua dengan anak di rumah.

"Dengan demikian, orang tua juga mempunyai peran penting dalam menumbuh kembangkan anak di rumah, selain di sekolah yang tentu telah dibantu oleh pendidiknya," tuturnya.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Dijelaskan, Gernas Baku akan dimulai pada 5 Mei 2018 mendatang. Tujuannya, menyukseskan pencanangan Indonesia Emas. Jadi untuk menuju ke sana maka anak-anak usia 4-6 tahun harus dibiasakan secara dini untuk membaca buku.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Solsel, Yulian Efi mengatakan, Gernas Baku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat abaca anak melalui pembiasaan di rumah.

Ia berharap, keluarga berperan aktif karena mempunyai andil yang sangat besar dalam rangka pembentukan watak karakter anak.

"Kepada pendidik saya berharap, mampu bekerjasama dengan para orang tua agar dapat menumbuhkembangan potensi anak sesuai dengan minta dan bakatnya, untuk terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman, menghargai pendapat anak dan mencegah kekerasan terhadap anak dan mencegah kekerasan terhadap anak serta menanamkan nilai-nilai akhlak mulia," pungkasnya. (rls)

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: