Prakiraan BMKG, Sumbar Potensi Terjadi Hujan Lebat Hingga 25 April

Selasa, 24 April 2018, 22:18 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Prakiraan BMKG, Sumbar Potensi Terjadi Hujan Lebat Hingga 25 April
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sumatera Barat diprakirakan BMKG jadi salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami peningkatan potensi hujan lebat dan tinggi gelombang di wilayah Indonesia mulai 23-25 April 2018 ini.

"Dalam beberapa hari ke depan, terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara basah dari samudera Hindia yang mempengaruhi peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang," ungkap Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Mulyono R Prabowo dalam siaran pers yang diterima beberapa saat lalu.

Diungkapkan Mulyono, potensi gelombang tinggi mencapai 2.5-4.0 meter. Kondisi gelombang seperti ni diperkirakan terjadi di Perairan Barat Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu-Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu.

"Masyarakat dhimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," terang Mulyono.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

Potensi hujan lebat ini juga terjadi daerah yang tersebar di Pesisir Barat Sumatera, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: