Ingin Kuliah ke Luar Negeri, Ini Tips dan Triknya

Mangindo Kayo | Rabu, 08 September 2021 | ValoraNews TV

Demikian benang merah, pengalaman dua orang alumni Unit Kegiatan Mahasiswa Kreasi Cerdas Ilmiah (UKM KCI) Fakultas MIPA Unand, Sabrina Hayati dan Romy Dwipa Yamesa A yang didaulat jadi pembicara pada webinar nasional dengan topik 'Study Abroad: Why and How to?' Ahad (5/9/2021).

Sabrina adalah alumni Kyungpook National University di Korea Selatan. Sementara Romy adalah Alumni Gifu University, Jepang.

Menurut Sabrina, keinginan dirinya kuliah keluar negeri dilatarbelakangi persoalan fasilitas yang memadai. Alat dan bahan untuk eksperimen saat penelitian, akan lebih mudah diakses dan didapat.

"Kita jadi punya kesempatan untuk mengenal potensi diri sendiri lebih jauh selain faktor bisa jalan-jalan ke berbagai objek wisata yang ada di negara kita tempat menuntut ilmu," ungkap Sabrina.

Menurut Sabrina, jika ingin kuliah keluar negeri, harus disertai keinginan yang kuat serta selalu memperharui diri dengan berbagai informasi terkait beasiswa yang tersedia di universitas sasaran.

"Yang paling penting adalahactiondari kitanya. Semua yang kita niatkan itu, jangan berhenti di mulut, tapi langsung dikerjakan," tegas Sabrina. "Kemampuan berbahasa asing sekaligus menulisessayjuga perlu ditingkatkan. Menguasai dua hal ini, jalan dalam meraih kuliah ke luar negeri akan lebih mudah," tambahnya.

Sementara, Romy Dwipa Yamesa yang kini menetap di Jepang menambahkan, niat kuat dan restu orang tua, merupakan hal yang paling utama. "Mengejar mimpi akan lebih berkah, jika diikuti restu orang tua. Mendapatkan restu orang tua, tentu harus disertai tekad kuat disertai rasa tanggung jawab," terangnya.

Dengan berkuliah di kampus luar negeri, ungkap Romy, kita bisa mempelajari perspektif baru, memperluas jaringan internasional dan mengembangkan penguasaan bahasa asing.

"Hambatan dan tantangan, tentu saja akan kita temui. Seperti, sistem sosial dan budaya yang berbeda, makanan dan kuliner yang tak sama. Namun, tentu hambatan ini tidak jadi penghalang dalam meraih mimpi kuliah di luar negeri," tutur Romy.

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT
Bagikan