UMKM Indonesia Kiat Menembus Pasar Ekspor bagi UMKM

Mangindo Kayo | Minggu, 22 Agustus 2021 | ValoraNews TV

PADANG (16/8/2021) - Peringkat daya saing Indonesia dalam laporan Global Competitiveness Index (GCI) 2019 yang baru dirilis World Economic Forum (WEF) turun ke posisi 50 dari posisi 45 pada tahun lalu. Tak hanya turun peringkat, skor daya saing Indonesia juga turun meski tipis 0,3 poin ke posisi 64,6.

Data ini diungkapkan Country Manager sekaligus Trading Manager MUTIGO Indonesia, Masni Eritrina pada webinar yang digelar Bundo Kanduang Mancanegara (BKM), Senin pagi. Webinar ini merupakan kolaborasi BKM dengan Mutigo Indonesia yang dimoderatori Patra Rina Dewi, penggiat sosial di Sumatera Barat sekaligus pengurus BKM.

"UMKM kita adalah raksasa yang sedang tidur. Kontribusi ekspor UKM Indonesia masih sedikit sekali, sekitar 14 persen, tertinggal dengan negara anggota APEC yang sudah mencapai 35 persen, dari nilai ekspor Indonesia yang sebesaar US$ 153,1 miliar di tahun 2019," ungkap Bundo Rina, demikian Masni Eritrina karib disapa pada komunitas BKM.

Webinar BKM ini, mengambil tema "Evolusi UMKM Menuju Pasar Global: Menyiapkan UMKM Indonesia untuk Siap Ekspor." Digelar dalam rangka menyemarakan Hari UMKM Nasional, yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus. (*)

Bagikan