Pariwara Pemkab Solok Selatan: Dua Tahun Muzni-Rahman Berhasil Curi Perhatian Presiden Jokowi

Jumat, 23 Maret 2018, 19:37 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pariwara Pemkab Solok Selatan: Dua Tahun Muzni-Rahman Berhasil Curi Perhatian Presiden...
Presiden RI, Joko Widodo menandatangani prasasti revitalisasi kawasan seribu rumah gadang di Solok Selatan, pada puncak peringatan HPN 2018 di Padang, 9 Pebruari 2018 lalu. (humas)

VALORAnews - Keberhasilan seorang kepala daerah baik itu gubernur, walikota, dan bupati, dapat dilihat dari bagaimana perubahan yang terjadi pada daerah yang dipimpinnya. Salah satu Pemimpin daerah yang saat ini berhasil membuat daerahnya menjadi lebih baik dan menjadi panutan daerah lainnya adalah Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria-Abdul Rahman.

Pasangan petahana yang terpilih memimpin Solsel periode 2016-2021 ini untuk periode kedua kalinya dinilai berhasil memajukan daerah melalui sektor pariwisata yang dikembangkannya. Di tengah minimnya APBD Solsel, pembangunan daerah tetap bergairah berkat tangan dingin dan upayanya mengejar peluang bantuan hingga ke Pemerintah pusat.

Tak tanggung-tanggung, ratusan miliar anggaran APBN berhasil dibawa ke Solsel dalam menggenjot pembangunan daerah dan pariwisata. Sebut saja, kegiatan megaproyek pembangunan sarana dan prasarana pengendalian banjir dan sedimen sungai Batang Bangko, di Kotobaru yang digelontorkan dana oleh pemerintah pusat sebesar Rp 110,3 miliar tahap awal oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) RI.

Bahkan, megaproyek yang mulai proses pengerjaan tahap I tahun 2017 lalu itu akan dilaksanakan secara multiyears hingga IV tahap dan diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 650 miliar. Tujuan besar dari keberadaan proyek ini untuk mengatasi persoalan banjir yang sering melanda Solsel sepanjang tahunnya.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

"Alhamdulillah, proyek pengendalian banjir di Solsel senilai Rp110,3 miliar yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) oleh KemenPUPR ini masih terus berjalan. Kita patut bersyukur, di tengah keterbatasan anggaran APBD Solsel, kita mendapatkan alokasi anggaran yang tidak sedikit jumlahnya dari pemerintah pusat," sebut Bupati Solsel, Muzni Zakaria didampingi Wabup Abdul Rahman.

Pada prosesnya, Pihaknya berharap dukungan dari semua lini agar proyek tersebut dapat tetap berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. Jika tidak, maka upaya panjang dalam memperoleh bantuan itu bakal terasa sia-sia.

"Apalagi, Solsel yang berhasil merangkul bantuan ini disaat banyak daerah yang juga membutuhkannya. Lalu, di tengah anggaran pemerintah pusat juga terbatas, daerah kita masih dijamah kucuran dana sebesar Rp110,3 miliar ini. Semua tentu saja berkat dukungan kita semua, termasuk Pihak BWS V, KemenPUPR dan juga pihak lainnya," ungkap Muzni.

Baca juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Bencana Sumbar Selasa Besok, Ini Lokasi yang Didatangi

Kemudian, juga ada proyek revitalisasi kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) Kotobaru. Sebesar Rp110 miliar dari APBN kembali dialokasikan ke Solsel untuk pemugaran kawasan perkampungan adat terpopuler itu.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: