UNBK di Solsel, Adriono: 8 Sekolah Siap, Tiga Diantaranya Menumpang

Rabu, 14 Maret 2018, 19:46 WIB | Kabar Daerah | Kab. Solok Selatan
UNBK di Solsel, Adriono: 8 Sekolah Siap, Tiga Diantaranya Menumpang
Kepala SMPN 4 Solsel, Yuges Oktris, saat menunjukkan labor komputer atau ruang yang akan dipakai pada pelaksanaan UNBK di tahun pelajaran 2017/2018 ini. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ditambahkan, Rafendi Yuzuar, total siswa kelas IX dari 38 SMP di Solsel yang akan melaksanakan Ujian Akhir Sekolah adalah 1.863 orang siswa. Sementara yang baru melaksanakan UNBK tercatat sebanyak 797 siswa SMP.

"Sedangkan sisanya atau 1.065 siswa lainnya baru melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) tahun ini. Semoga berjalan lancar dan sukses tanpa kendala," katanya.

Menurutnya, UNBK untuk SMP di Solsel merupakan yang pertama kalinya pada tahun ini. Dengan demikian, pihaknya berharap persiapan yang matang dari sekolah, serta menyiasati kekurangan fasilitas dalam pelaksanaannya, seperti komputer dan server.

Baca juga: DPRD Solsel Konsultasikan Pelaksanaan Tindak Lanjut Rekomendasi DPRD atas LKPj Kepala Daerah

"Dengan segala keterbatasan, sejumlah sekolah di Solsel setidaknya menyambut baik program UNBK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Meskipun sebagian sekolah masih ada yang meminjam perangkat komputer pada sekolah yang belum melaksanakan," kata Rafendi Yuzuar.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 1 Solsel, Yuges Oktris mengatakan, sekolahnya pada tahun ini melaksanakan UNBK dengan menumpang di SMKN 1 Solsel. Hal ini disebabkan, sekolah hanya memiliki 14 unit laptop, sedangkan server untuk perangkat utama pelaksanaan UNBK tidak dimiliki sekolahnya.

Diakuinya, persoalan kekurangan fasilitas penunjang UNBK tersebut sudah sering usulkan ke Dinas terkait. Namun katanya, proposal pengajuan bantuan fasilitas itu sering hilang atau tidak ditemukan sebagaimana alasan dari Disdikpora Solsel.

"Sebagai sekolah yang telah terakreditasi A, bahkan sekolah tertua di kabupaten ini, ternyata tidak menjamin adanya perhatian dari pemerintah untuk berbagai kelengkapan peserta anak didik," kata Yuges. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: