Pusat Alokasikan Rp110 Miliar untuk Benahi Pariwisata Solsel

Minggu, 11 Maret 2018, 21:25 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pusat Alokasikan Rp110 Miliar untuk Benahi Pariwisata Solsel
Bupati Solsel, Muzni Zakaria menyerahkan buku tentang potensi pariwisata daerah tersebut pada Komut BRI, Andrinof A Chaniago, saat diskusi ringan usai menikmati jalan pagi di di Kawasan Wisata Gunung Padang. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Saya juga sering menyapu rumah gadang dan mengepelnya, kemudian berterimakasih ke pemiliknya," ujar Ketua Gerindra Solok Selatan itu.

Muzni menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kebersihan kawasan wisata, termasuk menghadirkan toilet yang bersih. "Kita juga terus meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang datang ke Solok Selatan," tegasnya.

Selain Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, tambah Muzni, Solok Selatan juga punya objek wisata Istano Rajo Balun, Masjid 60 Kurang Aso, Kebun Teh Liki, Hot Water Boom, Aia Malanca, Air Terjun Tangsi Ampek, Air Terjun Kembar, Valoe Argo, Rumah dan Tugu PDRI, Rumah Gadang 21 Ruang, dan Goa Puti Linduang Bulan.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

"Kuliner tradisional Solok Selatan juga menggoda selera, pasti pengen mencoba lagi," pungkasnya.

Kenangan Jokowi

Revitalisasi Kawasan SRG di Muaro Labuh, kabupaten Solok Selatan berawal dari kenangan Jokowi muda naik Gunung Kerinci pada 1983 silam. Jokowi muda naik bis selama 3 hari dari Jawa melalui Padang, Solok Selatan lalu menuju Gunung Kerinci. Jokowi muda pun kagum melihat keindahan rumah gadang di Solok Selatan.

"Anak muda (Jokowi muda-red) tersebut adalah yang ada di depan Bapak Ibu semuanya saat ini," sebut Presiden Jokowi pada peringatan HPN 2018 di Padang, dan langsung disambut tepuk tangan meriah 3.000 tamu.

"Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci, lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat, yaitu rumah gadang, sangat indah sekali," lanjut Jokowi.

Kekaguman akan keindahan rumah gadang itu pun, masih terasa sampai kini, saat Jokowi sudah duduk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Sebagai bentuk kekaguman, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, merevitalisasi rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan.

"Sebagai bentuk kekaguman, saya mencanangkan merevitalisasi seribu rumah gadang Kabupaten Solok Selatan, provinsi Sumatera Barat. Tadi pagi saya sudah perintahkan Pak Menteri, tolong selesaikan tahun ini," lanjut Jokowi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: