Hanura Gagal Mengusul dan Ketua Gerindra Berganti Warnai Pendaftaran Emzalmi-Desri

Selasa, 09 Januari 2018, 18:32 WIB | News | Kota Padang
Hanura Gagal Mengusul dan Ketua Gerindra Berganti Warnai Pendaftaran Emzalmi-Desri
Ketua Gerindra Padang, Afrizal (dua dari kiri) ikut menghadiri proses penyerahan Bapaslon Emzalmi-Desri Ayunda dari niniak mamak se-Kota Padang ke partai pengusul, di posko relawan Emdes, Jl Bypass Balaibaru Padang, Selasa (9/1/2018). (istimewa)

VALORAnews - Dua kejadian mencolok, mewarnai pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Padang pada pemilihan serentak 2018, Emzalmi-Desri Ayunda ke KPU Padang, Selasa (9/1/2018). Dua kejadian itu yakni gagalnya Partai Hanura jadi salah satu partai pengusul serta pergantian Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang.

Ketua DPC Hanura Padang, Fefrizal membenarkan, partainya tidak bisa ikut mengusung Emzalmi-Desri Ayunda bersama tujuh partai lainnya yang jadi peserta pemilu 2014 di Kota Padang.

"Semua mekanisme telah sudah dilalui di DPD Hanura Padang, kita sudah urus dan usulkan ke DPW provinsi, namun sampai hari ini tidak ada rekomendasi dari DPP. Namun kita tetap mendukung pasangan Emzalmi-Desri Ayunda," ungkap Fefrizal pada wartawan, disela-sela pendaftaran di kantor KPU Padang, Jl Syech Umar Kalil No 42A Lapau Baanjuang, Gunung Sarik, Kuranji, Padang.

Hal ini juga dibenarkan Ketua Tim Pemenangan Emzalmi-Desri, Wahyu Iramana Putra. Dia mengatakan, tidak jadi persoalan Partai Hanura tak ikut mengusulkan. Yang pasti, katanya, Hanura tetap dalam koalisi Padang Bersatu, yang merupakan tagline dari 7 partai yang mengusulkan Emzalmi-Desri ke meja pendaftaran KPU.

Baca juga: PEMILU 2024: Pasca HUT-17, Hanura Pessel Optimis Raih 3 Kursi DPRD

"Meski Hanura tidak ikut mendaftarkan, tapi mereka tetap bersama kami. Hanura tetap sebagai pendukung pasangan Emzalmi-Desri. Satu lagi, PBB juga ikut mendukung. Persoalannya hampir sama dengan Hanura. Mereka sudah mengizinkan untuk mendaftar," ungkap Wahyu.

Kejadian mencolok kedua yakni pergantian Ketua DPC Partai Gerindra Padang, Afrizal ke Syahrial Kani. Jelang pendaftaran ke KPU Padang, Afrizal tampak hadir di posko relawan Emzalmi-Desri Ayunda, di sebuah Ruko berlantai II di Jl Bypass Balaibaru, Padang.

Anggota DPRD Sumbar periode 1999-2004 itu tampak membaur bersama petinggi partai lainnya --baik tingkat Kota Padang maupun provinsi Sumbar--, pada prosesi penyerahan Emzalmi-Desri dari ninik mamak se-Kota Padang pada partai pengusul.

Baca juga: Bacaleg PAN Pasbar Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU, Almasyah Dt Marajo Siap jadi BA 1

Namun, usai Emzalmi-Desri Ayunda dan rombongan relawan melakukan konvoi keliling kota --sebelum menuju kantor KPU Padang--, Afrizal tak tampak lagi di lokasi pendaftaran.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: