Raja Jambu Lipo Ikut Rapat Dapil di KPU Sijunjung

Sabtu, 30 Desember 2017, 17:52 WIB | Wisata | Kab. Sijunjung
Raja Jambu Lipo Ikut Rapat Dapil di KPU Sijunjung
Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Sijunjung, Lindo Karsyah memimpin rapat penataan daerah pemilihan di tingkat Kabupaten Sijunjung untuk pemilu 2019, Sabtu (30/12/2017). (humas)

VALORAnews -- KPU Sijunjung kembali mengelar diskusi penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu tahun 2019 di Wisma Keluarga, Muaro Sijunjung, Sabtu (30/12/2017). Pada rapat ketiga tersebut, KPU Sijunjung mengundang raja dan penghulu se-kabupaten Sijunjung.

"Rapat pendataan Dapil ketiga ini, kami sengaja mengundang unsur inti dari masyarakat adat dan budaya, yaitu raja-raja yang ada di wilayah Kabupaten Sijunjung dan para datuk atau ninik mamak yang tergabung dalam Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM). Persepsi raja dan ninik mamak sangat membantu KPU Sijunjung dalam memahami keterkaitan budaya dan adat antara satu wilayah administratif dengan wilayah administratif lainnya," kata Ketua KPU Sijunjung, Taufiqurrahman.

Taufiq menambahkan, semangat dari penataan dapil ini adalah mempersatukan unsur-unsur tatanan masyarakat yang sudah terbangun lama, bukan memecah dan membelah tatanan yang sudah ada tersebut. "Spirit penataan Dapil adalah penyatuan tatanan dan semangat politik masyarakat sebagai pemilih.Semuanya itu dimaksudkan agar sistem proposionalitas berjalan sebagaimana mestinya," kata Taufiq.

Sementara, Raja Jambu Lipo, F Bgd Tan Ameh mengatakan, berterima kasih dan bangga ke KPU Sijunjung. "Seumur-umur saya jadi raja, belum pernah diajak duduk bersama dan beriya betida oleh pemerintah membahas apapun. Sekarang saya mengucapkan terima kasih dan semoga ke depannya selalu begini," katanya.

Baca juga: KPU RI Sahkan Dapil Pemilu 2024 Kabupaten Solok jadi 5, Alokasi Kursi Tetap

Raja dan ninik mamak yang hadir, mengurai aspek-aspek budaya dan adat wilayah administratif di Kabupaten Sijunjung. Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Sijunjung, Lindo Karsyah dan Koordinator Divisi Teknis, Ade Yulanda yang tampil sebagai narasumber di acara, merespon positif paparan raja dan ninik mamak.

"Kami mendapatkan sesuatu yang berharga dari pertemuan ini. Kami mencatat dan memasukan sebagai argument pembentukan Dapil nanti," kata Lindo.

Pada acara tersebut juga hadir anggota KPU Sijunjung, Atika Triana dan Didi Cahyadi Ningrat dan sekretaris KPU Sijunjung, Irzal Zamzami. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: