Izin Pendakian Gunung Kerinci dari Solsel Disetujui Kemenhut & LH

Jumat, 29 Desember 2017, 20:28 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Izin Pendakian Gunung Kerinci dari Solsel Disetujui Kemenhut & LH
Visitor Center Pendakian Gunung Kerinci di Bangun Rejo, telah disiapkan sebagai persuapian lokasi pendakian baru gunung kerinci via Solok Selatan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sendiri bersama pihak TNKS telah mempersiapkan jalur baru pendakian Gunung Kerinci ini dengan sejumlah fasilitas pendukung, baik gerbang pendakian, posko pengunjung, serta peningkatan akses jalan pendakian.

"Termasuk baru-baru ini kita juga telah mengadakan pelatihan bagi potter atau pemandu gunung bekerjasama dengan pihak Kementrian Pariwisata dan Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia terkait kesiapan pemandu lokal nantinya," katanya.

Sementara, Penggiat Pariwisata Sumbar, Yulnofrin Nafilus mengaku diperolehnya izin dari Kementrian LHK terhadap jalur pendakian via Solsel merupakan suatu bentuk komitmen dari pemerintah pusat dalam mencapai target dari program pariwisata Indonesia. Diketahui,tahun 2019 mendatang pemerintah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Baca juga: Bupati Solsel Kumpulkan Pemuka Nagari Koto Baru Bahas Revitalisasi Kawasan SRG

"Sebagaimana kita ketahui bersama, Bu Mentri Siti Nurbaya sangat komit mendukung pembukaan jalur pendakian gunung Kerinci via Solsel ini. Dan Pemkab Solsel termasuk sebagian besar masyarakat di sini sangat memiliki ekspektasi yang tinggi, bahwa nantinya Solsel akan sangat berperan mendorong pencapain target kunjungan wisman oleh pemerintah pusat melalui jalur ini," katanya.

Pemkab Solsel sendiri, lanjut Yulnofrin, tahun ini memang fokus membangun daerah melalui sektor pariwisata. Hal itu, jelasnya, merupakan salah satu dari empat pilar utama pembangunan yang menjadi prioritas pemerintah yang termuat dalam RPJMD.

"Kehadiran jalur baru via Solsel ini, harusnya akan lebih menambah daya tarik sekaligus lebih memudahkan bagi para pendaki. Perlu diketahui biasanya para pendaki selalu ingin mencoba tantangan pendakian jalur baru dan sangat sekali orang yang hobby mendaki secara berulang-ulang melalui jalur yang sama," pungkasnya. (rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: