20 Wirausahawan Sumbar Didampingi BI Sepanjang 2017

Senin, 25 Desember 2017, 10:08 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dalam upaya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), BI Provinsi Sumatera Barat berperan dengan melakukan pengembangan klaster ketahanan pangan guna menjaga stabilitas inflasi dan mendorong pengembangan ekonomi lokal.

"Klaster binaan BI Provinsi Sumatera Barat meliputi klaster hortikultura di kota Payakumbuh, klaster sapi perah di kota Padangpanjang dan klaster bawang merah di Kabupaten Solok," ungkap Kepala BI Sumbar, Endy Dwi Tjahjono pada pertemuan tahunan Bank Indonesia Sumatera Barat, pekan kemarin.

Pertemuan itu untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan serta arah kebijakan Bank Indonesia secara nasional maupun dalam lingkup Provinsi Sumatera Barat.

Pertemuan tahunan ini dihadiri gubernur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumatera Barat, bupati/walikota se-Sumatera Barat, pimpinan instansi vertikal, SKPD, perbankan korporasi nonbank, dan akademisi dengan tema 'Memperkuat Momentum.'

Baca juga: OJK Sumbar Edukasi UMKM dan Petani Binaan Bank Indonesia

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan ekonomi lokal yang berbasis budaya dan kearifan mayarakat setempat, terang Endy, juga terdapat pembinaan kelompok pengrajin Sulaman Naras yang ada di Kota Pariaman.

"Untuk meningkatkan jumlah wirausaha kecil dan menengah di Sumatera Barat, telah dilaksanakan program pendampingan Wirausaha Bank Indonesia Sumatera Barat (WUBI SUMBAR) 2017, dengan metode coaching dan mentoring secara intensif kepada 20 wirausaha di Sumatera Barat selama 2 tahun," terang Endy.

Sebagai lembaga negara, BI turut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi masyarakat, antara lain dengan menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia sebesar lebih dari Rp2,6 miliar di bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan, ketahanan pangan strategis dan komoditas unggulan.

Di bidang pendidikan, tahun ini telah diberikan beasiswa kepada 120 mahasiswa di tiga PTN sebesar Rp1,11 miliar. Selain itu, tiga Pojok Baca Bank Indonesia atau BI Corner telah hadir di Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat seperti Perpustakaan IAIN Bukittinggi dan Perpustakaan Universitas Putera Indonesia guna mendukung Gerakan Literasi Nasional serta meningkatkan minat baca masyarakat.

Baca juga: Temu Ramah Bersama Pejuang RI, Mahyeldi: Perhatian pada Veteran masih Minim

"Secara total, BI telah membangun 7 (tujuh) unit BI Corner di seluruh Sumatera Barat," terang Endy. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: