Sarana Prasarana Masih Minim: Ledakan Volume Sampah Terjadi di Sejumlah Titik

Senin, 06 Juli 2015, 13:50 WIB | News | Kota Padang
Sarana Prasarana Masih Minim: Ledakan Volume Sampah Terjadi di Sejumlah Titik
Wako Padang, Mahyeldi bersama Afrizal Khaidir (Kepala DKP) menguji coba becak sampah, usai menyerahkan secara simbolis THR, Kamis (2/7/2015) di RTH Imam Bonjol. (Humas Pemko Padang)

VALORAnews - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Afrizal Khaidir menyebut, beberapa waktu terakhir, sering terjadi ledakan sampah di sejumlah titik. Hal in dikarenakan minimnya peralatan dan alat angkut.

"Meski dengan segala keterbatasan semuanya dapat teratasi," tukas Afrizal, dalam siaran pers Pemko Padang yang dilansir beberapa saat lalu.

Afrizal juga mengimbau seluruh masyarakat, untuk mengemas sampah dengan baik. Sehingga petugas dengan cepat dapat mengangkut sampah di kontainer-kontainer yang ada.

"Ciri khas sampah di Padang itu dengan kantong plastik dan karung. Ini yang kita harapkan supaya masyarakat mengemas sampah dengan baik," imbaunya.

Baca juga: Festival Budaya Marandang Minangkabau 2024, Gubernur: Jangan Hanya Tahu Lezat, Tak Tahu Membuatnya

Selain itu, terangnya, selama Ramadhan 1436 H ini, lonjakan volume sampah juga terjadi dibanding bulan sebelumnya. Volume peningkatan bahkan mencapai angka 50 persen. "Tidak tahu juga apa penyebabnya. Kemungkinan karena kebutuhan masyarakat meningkat saat puasa ini," terang Afrizal.

Mengantisipasi itu DKP Kota Padang terus berbenah. Sebanyak 12 unit becak motor sampah disiapkan. Rencananya tahun ini enam truck amroll juga akan memperkuat armada petugas kebersihan di DKP.

Meski DKP telah mendapat penambahan armada, baik itu becak motor maupun truck amroll, akan tetapi semua itu belum mencukupi dalam mengakomodir volume sampah di Kota Padang. Saat ini DKP hanya memiliki 61 unit truck sampah. Hingga kontainer sampah sering meledak.

"Idealnya kita harus memiliki 100 truck sampah sehingga semuanya terakomodir dengan baik," terang Afrizal.

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Pada APBD 2015 ini disamping mengadakan enam unit truck sampah, 12 unit betor sampah diberikan khusus kepada petugas pengumpul. Pengadaan ini merupakan hasil evaluasi 12 tahun lalu, dimana betor yang kini masih beroperasi merupakan kendaraan yang diadakan 2005 silam dan tentunya banyak yang mulai uzur. (vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: